BangkaPos/

Bus Klasik POWNIS Babel Bakal Nangkring di Jakarta International Expo

Bus kayu POWNIS merupakan bus rakyat yang pernah dioperasikan sebagai bus antar daerah di Pulau Bangka tahun 1970-an

Bus Klasik POWNIS Babel Bakal Nangkring di Jakarta International Expo
BangkaPos/Riski Yuliandri
Mobil Pownis yang akan mengajak wisatawan keliling kota pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -  Tinggal menghitung hari. Pameran perdana Indonesia Classic n Unique Bus 2017 akan dibuka Rabu, 29 Maret lusa di arena Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta.

Pameran yang akan berlangsung sampai 1 April 2017 ini akan memamerkan sejumlah bus klasik dan unik yang mewakili zamannya dari tahun 1960an sampai dekade 1990an dari berbagai merek, model dan tahun pembuatan.

Dari semua kendaraan klasik yang dipamerkan, ada dua kendaraan yang akan menjadi tamu spesialnya.

Yakni, bus klasik dari matererial kayu, bus POWNIS dari Pulau Bangka dan truk klasik merek Chevrolet buatan tahun 1927.

"Dalam kesempatan ini hadir sebagai tamu istimewa dua unit kendaraan yang menarik, Chevrolet Truck koleksi Hauwke Auto Gallery buatan tahun 1941 dan bus Kayu POWNIS dari Bangka buatan tahun 1987," kata AM Fikri, koordinator project InCUBUS 2017, Sabtu (25/3/2017).

Bus Mitsubishi A/M R 470 buatan tahun 1963 koleksi PO Sumber Alam, Purworejo, sudah berada di JIExpo, menjelang pembukaan pameran InCUBUS, Rabu (29/3/2017).
Bus Mitsubishi A/M R 470 buatan tahun 1963 koleksi PO Sumber Alam, Purworejo, sudah berada di JIExpo, menjelang pembukaan pameran InCUBUS, Rabu (29/3/2017). (ABHY SHABAAZAKI)

Bus kayu POWNIS merupakan bus rakyat yang pernah dioperasikan sebagai bus antar daerah di Pulau Bangka tahun 1970-an sampai dua dekade setelahnya.

Bus kayu yang akan dipamerkan di InCUBUS 2017 merupakan koleksi PT Timah Tbk yang saat ini statusnya sebagai bus hibah dan menjadi koleksi Museum Timah di Bangka.

Total ada dua bus yang menjadi koleksi museum ini. Karena kondisi busnya masih bagus, setiap akhir pekan bus ini digunakan sebagai bus wisata. Bus ini bermesin Mitsubishi Colt Diesel.

Sementara itu, truk klasik Chevrolet yang akan dipamerkan di ajang ini merupakan truk koleksi Hauwkee Auto Gallery, Jakarta.

Menurut Fikri, kehadiran dua kendaraan lama ini mewakili eranya masing-masing.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help