Menelisik Manusia Kerdil Tanpa Busana Terekam Kamera di Pedalaman Aceh dan Bikin Heboh

Suku Mante mendadak populer setelah sebuah video yang diunggah oleh akun YouTube Fredography

Menelisik Manusia Kerdil Tanpa Busana Terekam Kamera di Pedalaman Aceh dan Bikin Heboh
net
Suku Mante 

BANGKAPOS.COM - Suku Mante mendadak populer setelah sebuah video yang diunggah oleh akun YouTube Fredography, pada Rabu (22/3/2017), menunjukkan sosok makhluk misterius.

Namun, ada dan tidaknya suku Mante itu masih jadi pertanyaan. Sebab, belum ada peneliti atau saksi mata yang benar-benar pernah bertemu dan berinteraksi dengan suku tersebut.

Reaksi netizen juga beragam terkait sosok misterius yang terekam para pemotor dan mengunggahnya ke youtube.

Berikut ini komentar yang redaksi himpun dari sosial media terkait siapa itu suku Mante yang mendiami hutan Aceh.

Akun Muliadie Pase menuliskan cerita turun-temurun yang sempat ia dengar dari orang-orang terdahulu. “Orang tua desaku pernah cerita tentang kejadian ini. Pada saat itu mereka tanam pohon .. kalau istilahnya jaman HTI . Kejadiannya di hutan abah rimba (kawasan Glee Empe Awe tembus Indrapuri). Pada saat itu mereka lagi tanam pohon, tapi saat itu turun hujan ,jadi mereka berteduh di bawah di dalam akar pohon besar (akar bak guni). Pada saat mereka lagi berteduh, beberapa saat melintas sekelompok orang berjumlah sekitar 5 orang, tapi mereka kecil2. Dan mendengar mereka bicara seperti bahasa alien. Mereka menyebut orang kerdil itu (Aneuk coe). Lagi berbicara lalu orang-orang yang berteduh dibawah pohon itu mengagetkan mereka, jadi mereka lari kocar kacir. Setelah itu tidak nampak lagi. Begitulah ungkap orang tua itu.”

Cerita serupa juga dituturkan oleh Hendri Ariandi. Menurutnya, “Di kawasan hutan Leuser di daerah kami di Aceh Selatan juga terdapat cerita yang sama.  Cerita ini pun sudah sangat lama dari orang-orang tua terdahulu.”

Sementara itu, deskripsi tentang suku Mante diulas juga oleh akun Asfi Amir. Menurutnya,  tidak ada Suku Mante, ia berkeyakinan itu bukan habitat manusia. 

“Tidak ada suku mante karena mereka bukan habitat manusia yg mudah dikenal seperti dayak hutan mereka mudah dikenal sedangkan mante itu manusia yg jauh adabtasi dgn manusia disekitar klu menurut saya mereka bukan suku lagi karena mereka sudah memasuki alam rhaib klu pun mereka suku sudah beda dgn suku manusia umum nya,mereka hampir menyamai dgn alam suku jin. Menurut berita yg saya himpun dari org org tua yg dapat dipercaya perkataan nya,mereka adalah ras aceh yg berhijrah kehutan karena mereka tidak mau tunduk kpd pemerintah kolonial belanda,mereka berhijrah kehutan yg dipimpin oleh teuku (ampoen) mereka pada saat itu. jangan mengusik mereka.”

Keberadaan suku serupa yang mendiami hutan Aceh juga disebutkan oleh Vj Ian. Ia menyebut suku itu dalam bahasa Aceh sebagai aneuk co. “Nyan lokasi jl jak air terjun seunerah. Nyo hana salah beh,” tulisnya.

Selain itu, informasi keberadaan suku ini disampaikan juga oleh Gadeng Leupu. “lam uteun kamoe wilayah... Geumpang sgli..na syiet nyan menye dinoe nama jih..aneuk coco...”

Halaman
12
Editor: Alza Munzi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved