Besok Tax Amnesty Berakhir, KPP Pratama Pangkalpinang Buka Layanan Sampai Tengah Malam

Seluruh masyarakat wajib pajak yang memiliki masalah perpajakan di masa lalu bisa memanfaatkan TA untuk segera ikut serta

Besok Tax Amnesty Berakhir, KPP Pratama Pangkalpinang Buka Layanan Sampai Tengah Malam
bangkapos.com/Ryan A Prakasa
Kepala Kantor Pajak Pratama Kota Pangkalpinang, Fadjar Julianto. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Tanggal 31 Maret merupakan hari terakhir program Amnesti Pajak (Tax Amnesty) atau pengampunan pajak.

Seluruh masyarakat wajib pajak yang memiliki masalah perpajakan di masa lalu bisa memanfaatkan TA untuk segera ikut serta dalam program pengampunan pajak ini.

"Masih ada waktu besok sampai pukul 12 malam, kami membuka layanan sampai tengah malam, kami masih menerima berkas sekaligus pembayaran sampai malam," ujar Kepala KPP Pratama Pangkalpinang, Fadjar Julianto kepada bangkapos.com, Kamis (30/3).

Ia menjelaskan, wajib pajak yang mengikuti program amnesti pajak untuk menyampaikan laporan penempatan harga (bagi harga deklarasi dalam negeri), atau laporan pengalihan dan realisasi investasi (harga repatriasi) secara berkala setiap tahun selama tiga tahun. Laporan pertama disampaikan paling lambat tanggal 31 Maret 2018 untuk wajib pajak orang pribadi, dan 30 April 2018 untuk wajib pajak badan.

"Mengingat batas waktu amnesti pajak jatuh pada waktu yang bersamaan dengan batas waktu penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan tahun pajak 2016 bagi wajib pajak orang pribadi, maka ditjen pajak memberikan kesempatan bagi seluruh wajib pajak untuk melaporkan SPT 2016 paling lambat 21 April 2017. Perpanjangan ini hanya berlaku untuk kewajiban pelaporan saja, sedangkan seluruh pajak terutang wajib diselesaikan atau dibayarkan paling lambat 31 Maret 2017," jelas Fadjar.

Ia menuturkan, animo masyarakat ikut amnesti pajak cukup tinggi. Dengan jumlah tebusan hingga 29 Maret 2017 Rp 118 miliar, jumlah wajib pajak sebanyak 2326 orang. Dari jumlah tersebut yang paling banyak ikut amnesti pajak yaitu wajib pajak orang pribadi sebanyak 1940 orang, dan badan sebanyak 386.

"Jumlah tebusan kami perkirakan akan terus bertambah hingga masa berakhirnya TA besok," ujarnya.

Dikatakannya TA merupakan hak bagi wajib pajak karena di dalamnya berisi fasilitas yang menguntungkan bagi wajib pajak.

"Periode tiga TA tarif paling tinggi 5% WP umum, sedangkan UMKM dengan nilai harta sampai dengan Rp10 miliar tarifnya lebih murah 1/2%, tapi UMKM nilai asetnya lebih Rp10 miliar tarifnya 2 %, itu tetap lebih rendah dari pada WP umum 5%. Tetapi itu pun sebetulnya jauh lebih menarik dibandingkan dengan ketentuan normalnya. Oleh karena itu WP harus menangkap kesempatan baik ini mumpung masih satu hari lagi," tukasnya.

Penulis: khamelia
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help