PNS Jakarta Ikut Aksi 313 Siap-siap Kena SP, PBNU Tegaskan Menolak

Dibalik santernya rumor aksi 313 yang akan digelar pada Jumat (31/3/2017), tenyata ada beberapa pihak yang menolak acara tersebut.

PNS Jakarta Ikut Aksi 313 Siap-siap Kena SP, PBNU Tegaskan Menolak
TRIBUNNEWS.COM/FITRI WULANDARI
Para peserta aksi 212 di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (2/12/2016). 

BANGKAPOS.COM - Dibalik santernya rumor aksi 313 yang akan digelar pada Jumat (31/3/2017), tenyata ada beberapa pihak yang menolak acara tersebut.

Tidak hanya menolak, bahkan ada beberapa pihak yang melarang anak buahnya untuk mengikuti aksi tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, salah seorang yang melarang anak buahnya untuk mengikuti aksi damai ini adalah Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono.

Secara tegas, ia mengatakan bahwa ia melarang semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengikuti aksi ini.

Apabila ada anak buahnya yang mengikuti aksi ini, ia tidak segan-segan untuk memberikan Surat Peringatan (SP).

"PNS tidak (boleh) kami ikutkan (aksi 313). Kalau ikut, dia akan terima SP saja," kata Sumarsono, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Lebih lanjut ia mengimbau agar PNS DKI Jakarta untuk tetap melayani masyarakat sebagai abdi negara.

Selain itu, sikap tegas untuk melarang anak buahnya untuk mengikuti aksi ini adalah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Sijadj.

Dalam satu kesempatan, ia dengan tegas menolak aksi tersebut.

"Enggak perlu. Mau pilih Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) silakan. Enggak senang, enggak usah dipilih. Pilih Anies (Baswedan) silakan. Enggak seneng enggak usah dipilih, begitu aja, ngapain (aksi)," kata Said Aqil saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (28/3/2017) kepada Kompas.com.

Kemudian, ketika ditanya apakah ia melarang warga NU untuk mengikuti aksi 313, ia menjawab dengan tegas bahwa ia melarang warga NU mengikuti aksi tersebut.

"Dari dulu larangannya, enggak perlu ada aksi," ujar dia singkat kepada Kompas.com.

Sebelumnya, beredar rumor bahwa pada Jumat (31/3/2017), Forum Umat Islam (FUI) dan beberapa organisasi keagamaan akan menggelar aksi damai.

Dalam aksi ini, mereka akan menuntut pencopotan Gubernur Nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebagai gubernur DKI Jakarta karena statusnya sebagai tersangka.

Aksi ini akan dimulai dengan salat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal dan akan bermuara ke Istana Merdeka. (Kompas.com/TribunWow.com/Galih Pangestu J)

Editor: Alza Munzi
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved