Pulau di Bangka Tengah Sempat Dikelola Masyarakat, Kini Kembali ke Pemerintah

Dedy Muchdiyat mengatakan saat ini seluruh pulau yang ada di bateng tersebut sudah diambil daerah.

Pulau di Bangka Tengah Sempat Dikelola Masyarakat, Kini Kembali ke Pemerintah
Bangkapos/Riski Yuliandri
Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Dedy Muchdiyat. 

Laporan Wartawan Bangkapos, Riski Yuliandri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bangka Tengah (bateng) memiliki 15 pulau kecil yang hampir ada di seluruh kecamatan. Namun pulau-pulau tersebut tidak ada yang dimiliki pribadi.

Kepada Dinas Perikanan Bateng, Dedy Muchdiyat mengatakan saat ini seluruh pulau yang ada di bateng tersebut sudah diambil daerah.

"Dulu memang sempat dikelola masyarakat tapi sekarang sudah diambil alih daerah. Waktu itu kita kita bebaskan dan bayar ganti ruginya, tapi setau saya tidak ada yang dimiliki pribadi," ungkap Dedy, Jumat (31/3/2017).

Dari data yang dimilikinya, dikecamatan Koba sendiri memiliki empat puau keci seperti Pulau Bebuar, Ketawai, Gusung Asam, serta Pulau Ketugar, sedangkan Kecamatan Pangkalan Baru memiliki dua pulau yakni Pulau Semujur dan Pulau Panjang.

Untuk kecamatan Sungai Selan memiliki enam pulau kecil yakni Pulau Nangka, Pulau Pelepas, Pulau Tikus, Pulau Malangpeepes, Pulau Begedung dan Pulau Malangbegedung.

Sedangan untuk Kecamatan Lubuk Besar sendiri terdapat tiga pulau kecil yakni Pulau Kelasa, Tukungkelasa Darat dan Pulau Tukungkelasa Laut.

Diantara pulau-pulau tersebut, hanya Pulau Nangka dan Semujur saja yang berpenduduk dan tinggal menetap sedangkan 13 pulau lainnya masih kosong.

"Yang ada penduduknya hanya pulau Nangka dan Semujur saja, kalau pulau Gusung Asam itu paling hanya orang singgah saja untuk nyari ikan atau rumput laut," terang Dedy.

Penulis: Riski Yulianri
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved