Awas Jangan Tertipu! Begini Cara Mengenali Beras Asli dan Beras Plastik

Belakangan ini masyarakat dikejutkan adanya penemuan beras palsu atau beras yang diduga dari bahan sintesis berbahaya

Awas Jangan Tertipu! Begini Cara Mengenali Beras Asli dan Beras Plastik
kompas.com
Pedagang beras di Pasar Induk Tanah Tinggi, Tangerang, menunjukkan contoh beras yang sebenarnya, Kamis (21/5/2015) pagi. Pedagang beras harus menghadapi berbagai pertanyaan dari pembeli sejak ditemukannya beras plastik yang meresahkan masyarakat. 

BANGKAPOS.COM - Belakangan ini masyarakat dikejutkan adanya penemuan beras palsu atau beras yang diduga dari bahan sintesis berbahaya.

Atas kejadian ini, diharapkan masyarakat dapat berhati-hati ketika ingin membeli beras di pasar dan kenali perbedaan beras asli dan beras plastik dengan melakukan tiga langkah.

"Perlu kewaspadaan dari masyarakat saat membeli beras," kata Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran.

Ia memberikan tiga langkah yang perlu dilakukan masyarakat untuk mengetahui perbedaan beras asli dan beras plastik.

Pertama, yaitu dengan memegang berasnya, apakah agak kasar atau licin. Kalau licin, dapat dipastikan beras tersebut merupakan dari bahan sintetis.

Langkah kedua, kata Ngadiran, lihat dengan saksama berasnya. Apakah, beras itu putihnya bening atau sedikit berkeruh. Ia menilai, beras yang berwarna putih keruh merupakan beras asli yang berasal dari gabah.

"Terakhir yaitu, perhatikan tumpukan beras itu, kalau semuanya beras itu utuh tanpa ada patah-patah, maka itu beras palsu atau sudah diproses. Ini semuanya bisa dirasakan dan dilihat secara kasat mata," tutur Ngadiran.

Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com

Editor: Alza Munzi
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help