Inilah Kuliner Khas Belinyu Selalu Jadi Incaran saat Ceng Beng

kalau tidak menikmati kuliner khas seperti otak-otak, rasanya seperti ada yang kurang.

Inilah Kuliner Khas Belinyu Selalu Jadi Incaran saat Ceng Beng
Bangkapos/Riyadi
Warung Otak-otak Afung di Jalan Jenderal Sudirman Belinyu, ramai dikunjungi warga etnis Tionghoa, untuk menikmati kuliner khs Belinyu yakni otak-otak. Warga etnis tersebut sedang pulang kampung untuk Ceng Beng di Belinyu. Foto Senin (2/4/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Momen Ceng Beng dan momen-momen lainnya seperti perayaan keagamaan lainnya, secara langsung atau tidak langsung ada hubungan dengan namanya kuliner khas suatu daerah.

Seperti halnya di Belinyu Kabupaten Bangka, antara Ceng Beng dan kuliner, itu berdampingan, ada hubungannya.

"Otak-otak kuliner khas Belinyu, setiap Ceng Beng, orang Belinyu yang merantau atau sudah menetap di luar daerah dan luar negeri, mereka pulang untuk kepentingan Ceng Beng, maka ketika mereka pulang kampung, pasti juga cari kuliner khas, seperti otak-otak, kalau pas musim ceng beng seperti ini, kuliner khas tersebut banyak diminati, makanya seperti warung otak-otak Afung dan lainnya yang di Belinyu, menjadi ramai, orang yang pulang kampung ingin kembali menikmati kuliner khas yang enak dan lezat itu," ujar Penggiat Tour (dalam dan luar negeri) Belinyu Kabupaten Bangka, Andre kepada bangkapos.com Rabu (4/4/2017).

Pemuka masyarakat Etnis Tionghoa di Belinyu yang juga dikenal dengan nama Chin Muk ini menyebutkan, otak-otak adalah makanan atau kuliner asli, kalau orang pulang kampung ke Belinyu, kalau tidak menikmati kuliner khas seperti otak-otak, rasanya seperti ada yang kurang.

"Inilah kuliner khas Belinyu, yang selalu di cari oleh siapapun yang datang atau pulang kampung ke Belinyu," kata Chin Muk.

Mereka yang saat ini pulang kampung, tidak hanya khusus untuk Ceng Beng atau sembahyang kubur saja, tapi juga ada yang reuni dengan yang seangkatan.

"Tujuan utamanya adalah untuk Ceng Beng, tapi mereka juga sekaligus wisata kuliner dan berwisata ke berbagai obyek wisata ke pantai dan pulau," ujarnya.

Penulis: riyadi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved