BangkaPos/

Produksi Lada Babel Menurun, BP3L Ajak Pemerintah dan Swasta Sinergi

Menurutnya salah satu penyebab menurunnya produksi lada Babel ditengah kembali bergairahnya warga berkebun lada adalah

Produksi Lada Babel Menurun, BP3L Ajak Pemerintah dan Swasta Sinergi
bangkapos.com
ketua BP3L Babel Zainal Arifin 

PANGKALPINANG,BANGKAPOS--Ketua Badan Pengelolaan, Pengembangan dan Pemasaran Lada (BP3L) Babel Zainal Arifin mengakui berkurangnya produksi Lada Babel seperti yang diungkapkan pihak Iternational Papper Community (IPC) baru-baru ini.

Menurutnya salah satu penyebab menurunnya produksi lada Babel ditengah kembali bergairahnya  warga berkebun lada adalah masalah cuaca dan juga lahan.

"Salah satunya faktor cuaca seperti kemarau yang melanda dan pada saat cuaca hujan malah hujannya berkepanjangan. Akibatnya pembuahan saat lada sedang berbunga menjadi tidak maksimal," jelas Zainal Arifin, Jumat (7/4/2017).

Ia menjelaskan penyebab lainnya adalah semakin berkurangnya lahan untuk penanaman lada akibat tergerus perkebunan sawit dan pertambangan timah.

"Untuk masalah lahan ini sulit juga kalau tidak ada kebijakan pemerintah misalnya menghentikan pembukaan perkebunan sawit dan ada kebijakan pemerintah untuk mengizinkan penggunaan Hutan Tanaman Industri untuk Lada," papar Zainal.

Menurut Zainal, permintaan Lada Babel di dunia internasional hingga saat ini merupakan yang paling tinggi permintaannya, namun kendalanya stol lada Babel sendiri terbatas akibat menurunya produksi lada.

Kebun warga di Sungai Selan Kecamatan Sungai Selan, Jum'at (20/1/2017).
Kebun warga di Sungai Selan Kecamatan Sungai Selan, Jum'at (20/1/2017). (IST)

"Untuk soal harga turun memang saat ini semuany anjlok. Tapi kita masih diatas seratus ribu. Tidak tahu apa masakahnya," ujar Zainal.

Ia memprediksi harga dan oroduksi lada kedepan akan membaik dengann catatan didukung cuaca yang bagus.

"Pihak pemerintah juga harus fokus dan perlu kerjasama semua pihak seperti pemetintah dan swasta seperti dengan BP3L. Kita harus satu visi memajukan lada bavel, satu bahasa, duduk bersama," tegas Zainal.

Ekspor Menurun

Halaman
12
Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help