Tahun Ini UBB Tambah Jumlah Kuota Mahasiswa Baru

Penambahan jumlah kuota ini juga bermaksud untuk menampung lebih banyak mahasiswa di dua jurusan terfavorit di UBB

Tahun Ini UBB Tambah Jumlah Kuota Mahasiswa Baru
IST
Ratusan siswa jebolan SLTA yang lulus SNMPTN melakukan regristasi ulang di Kampus UBB Desa Balunijuk Merawang Kabupaten Bangka, Selasa (7/6/2016). 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA---  Universitas Bangka Belitung (UBB) tahun ini menambah jumah kuota mahasiswa sebanyak 50 orang dari total 1.125 orang dibanding kuota penerimaan mahasiswa tahun lalu.

Pasalnya UBB juga membuka jurusan baru seperti jurusan Ilmu Kelautan, Fisika dan Kimia.

Penambahan jumlah kuota ini juga bermaksud untuk menampung lebih banyak mahasiswa di dua jurusan terfavorit di UBB seperti Manajemen dan Akuntansi sebanyak 105 mahasiswa dari sebelumnya 90 mahasiswa.  

Dari penentuan peringkat setiap tahun oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) terhadap seluruh perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Bangka Belitung berada di peringkat 500.

“Tahun ini kuota total penerimaan mahasiswa memang kita tambah karena seperti jurusan Ilmu Kelautan itu izinnya baru kita terima bukan Maret ini jadi baru bisa menerima sekarang. Sementara jurusan Manajemen dan Akuntansi peminatnya tinggi, prodi ini (manajemen dan akuntansi) terkreditasi B maka kita tingkatkan daya tampungnya supaya akreditasinya bisa naik lebih tinggi” jelas Ketua SBMPTN panita lokal (panlok) 24 Pangkalpinang, Ismed Inonu kepada Bangka Pos, Senin (10/4).

Pendaftaran jalur penerimaan mahasiswa SBMPTN UBB selanjutnya akan dimulai 11 April- 05 Mei 2017. Dari jalur SBMPT akan diterima sebanyak 400 mahasiwa.

Lokasi tes penerimaan mahasiswa akan dilakukan di tiga tempat yakni SMAN 1 Pangkalpinang untuk tes jurusan soshum, Universitas Bangka Belitung (UBB) Balun Ijuk untuk tes jurusan Sanitek, dan SMKN 2 untuk tes jurusan campuran.

Tahun ini tes penerimaan calon mahasiswa pelan-pelan akan beralih dari Paper Based Testing (PBT) kepada Computer Based Testing (CBT), di UBB saja ada 140 CBT.

“Untuk SBMPTN khususnya untuk anak-anak Babel skornya saintek dan soshumnya tinggi. Harapannya pandai-pandailah atur strategi untuk memilih universitas dan program studi yang cocok sesuai kemampuan. Itu yang harus jadi perhatian orang tua dan guru” ujar Ismed Inonu.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved