Bobol Mesin ATM BRI di Museum Kata, Buruh Harian Diciduk Polisi

Penangkapan JP berdasarkan keterangan saksi JM, yang saat kejadian melihat orang tak dikenal sedang duduk jongkok

Bobol Mesin ATM BRI di Museum Kata, Buruh Harian Diciduk Polisi
IST
Tersangka pelaku dugaan percobaan pembobolan ATM Museum Kata, JP (empat dari kanan) saat diamankan di Mapolsek Gantung, Selasa (11/4/2017) malam. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNGTIMUR- Tak sampai 24 jam, Personel Gabungan Polsek Gantung dan Resintel Polres Beltim yang dipimpin oleh Kepala Polsek Gantung Iptu Robby Setiadi Purba, berhasil mengamankan tersangka dugaan percobaan pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di samping Museum Kata Andrea Hirata, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Selasa (11/4/2017).

Pelaku diamankan di rumahnya, Jalan Jaya Bhakti, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung.

"Tersangka diamankan di rumahnya sekitar pukul 18.30 WIB," ujar Kapolsek Gantung Iptu Robby Purba seizin Kapolres Beltim AKBP Nono Wardoyo kepada Pos Belitung, Selasa (11/4/2017) malam.

Tersangka pelaku adalah JP (30) yang bekerja sebagai buruh harian lepas.

Penangkapan JP berdasarkan keterangan saksi JM, yang saat kejadian melihat orang tak dikenal sedang duduk jongkok di dalam ruang mesin ATM.

Saat itu, saksi JM sedang hendak membuka pintu gerbang masjid yang berada tak jauh dari ATM untuk melaksanakan salat subuh.

Hasil pengumpulan bahan keterangan saksi, ciri-ciri pelaku kemudian mengarah pada JP yang kemudian berhasil diciduk di rumahnya, Jalan Raya Bhakti, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung.

"Setelah diperiksa, pelaku kemudian mengakui bahwa telah melakukan percobaan pembobolan mesin ATM di Museum Kata," ujar Robby.

Robby mengatakan, berdasarkan pengakuan pelaku, JP keluar rumah sekitar pukul 3.15 WIB menuju mesin ATM Museum Kata membawa gunting, pisau, dan tang jepit.

Percobaan pembobolan mesin ATM dilakukan dengan menggunakan pisau yang digunakan untuk mencongkel bagian atas brankas mesin ATM tersebut.

"Setelah dilakukan beberapa kali oleh pelaku tetap tidak bisa membuka brankas ATM tersenbut. Sekitar pukul 4.35 WIB, usaha pelaku tetap gagal pelaku lalu meninggalkan mesin ATM dan kembali ke rumahnya," tutur Robby.

Saat ini pelaku sudah diamankan pihak kepolisian guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help