Sunan Bonang, Wali Pencipta Tombo Ati yang Punya Empat Makam, Mana yang Benar?

setidaknya ada empat tempat yang disebut sebagai makam Sunan Bonang (itu jika petilasan juga dimasukkan)

Sunan Bonang, Wali Pencipta Tombo Ati yang Punya Empat Makam, Mana yang Benar?
Wikipedia

BANGKAPOS.COM--Pernah berziarah ke makam Sunan Bonang di Tuban, Jawa Timur? Jika Anda benar-benar serius mau mencarinya, tempat yang disebut sebagai makam Sunan Bonang sejatinya tak hanya satu tapi empat--termasuk satu petilasan.

Berdasarkan cerita tutur yang beredar, Sunan Bonang (nama asli Maulana Maqdum Ibrahim) adalah putra Sunan Ngampel Denta (Sunan Ampel) dari istrinya bernama Nyi Ageng Manila (sumber lain menyebut Dewi Candrawati, putri Majaahit). Sunan Bonang diperkirakan lahir antara 1440 atau 1465, dan meningal 1525.

Kembali ke soal makam, seperti disebut di atas, setidaknya ada empat tempat yang disebut sebagai makam Sunan Bonang (itu jika petilasan juga dimasukkan).

Tempat pertama, dan yang paling populer, adalah yang berada di belakang Masjid Agung Tubang.

Lokasi kedua terletak di sebuah bukit di pantai utara Jawa, antara Rembang dan Lasem—ini berupa petilasan. Orang-orang mengenal tempat ini sebagai Mbonang.

Di kaki bukit ini kono juga terdapat makam Sunan Bonang, tanpa cungkup, tanpa nisan, hanya ada tanaman melati.

Tapi orang-orang lebih mengenal tempat yang di atas bukit. Di sana, ada batu yang disebut sebagai tempat untuk salat yang juga ada jejak kaki Sunan Bonang.

Menurut cerita yang beredar, kesaktian Sunan Bonang membuat batu itu melesat ke atas bukit.

Situs itu berdampingan dengan makam Putri Cempo (Cempa, Campa) dan ini terjelaskan oleh cerita tutur bahwa Sunan Bonang adalah Putra Sunan Ngampel Denta yang berasal dari Cempa.

Lokasi ketiga adalah makam Sunan Bonang di Tambak Kramat, Pulau Bawean, Jawa Timur. Ada dua makam yang dipercaya sebagai makam Sunan Bonang di sana. Dua-duanya terletak di tepi pantai.

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved