BangkaPos/

Peserta Sungailiat Triathlon 2017 Meningkat, 16 WNA Turut Mendaftar

Jumlah peserta yang mengikuti Sungailiat Triathlon di tahun kelima ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu

Peserta Sungailiat Triathlon 2017 Meningkat, 16 WNA Turut Mendaftar
Bangka Pos / Nurhayati
Gubernur Babel H Rustam Effendi saat mengibarkan bendera start untuk peserya long distance, Sabtu (23/4/2016) saat event Sungailiat Triathlon di Pantai Tanjung Pesona Sungailiat. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA---- Total jumlah peserta Sungailiat Triathlon 2017 mencapai 523 peserta yang diikuti oleh 40 warga negara asing (WNA) dari 16 negara.

Jumlah peserta yang mengikuti Sungailiat Triathlon di tahun kelima ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu yang berkisar 400 peserta.

Pendaftaran peserta Sungailiat Triathlon yang dibuka sejak awal Desember 2016 bahkan terpaksa ditutup bulan April 2017 ini karena jumlah peserta telah memenuhi kapasitas.

Penambahan kapasitas sebanyak 100 peserta ini secara pararel dilakukan panitia Sungailiat Triathlon mengikuti tambahan akomodasi termasuk memperhitungkan nilai plus kapasitas terminal baru Bandara Depati Amir.

Berbagai kategori Sungailiat Triathlon dibagi menjadi empat kategori seperti Long Distance yang diikuti 47 peserta, Standard Distance diikuti oleh 214 peserta, Standars Relay diikuti oleh 8 team (24 peserta) dan Sprint Distance diikuti oleh 238 peserta.

Consultant Pandara Sport, Andreas Kansil mengungkapkan ajang Triathlon memang menjadi ajang olahraga favorit peserta dari dalam dan luar negeri.

Beberapa daerah di Indonesia seperti Bali, Bintan, Batam, Palembang dan Padang pernah menggelar acara serupa dan diminati mayoritas oleh kalangan pekerja kantoran.

"Banyak peserta Sungailiat Triathlon dari executive muda, manager bahkan yang jabatannya lebih tinggi. Minat mereka terhadap tiga disiplin olahraga seperti renang, sepeda dan lari mengartikan bahwa mereka orang yang haus tantangan dan butuh keseimbangan caranya dengan membagi waktu" jelas Andreas Kansil saat dihubungi Bangka Pos melalui telepon, Sabtu (15/4).

Sebagai consultant yang telah berpengalaman di event Triathlon di beberapa daerah di Indonesia,
Sungailiat Triatlon memiliki nilai jual tersediri.

Pasalnya tak seperti Triathlon di kota-kota lain. Sungailiat merupakan daerah yang relatif sepi sehingga memberikan kemudahan akses pengamanan kepada peserta Sungailiat Triathlon.

Tak hanya itu, peserta juga dimudahkan dengan adanya jumlah penerbangan maskapai sebanyak 20 kali dalam sehari dan faktor jarak tempuh penerbangan relatif singkat hanya selama 55 menit dari ibukota Jakarta menuju Pulau Bangka.

"Kalau saya selalu bilang (kepada peserta), Sungailiat Triathlon punya icon Lintas Timur yang jalannya lurus, panjang dan datar. Kemudian banyak tanaman vegetatif unik seperti pohon cemara di dekat pesisir pantai serta rute melewati desa. Selain itu ada penonton dari anak-anak sekolah yang akan memberikan spirit (semangat)" ungkapnya.

Penulis: Dhina Sakti
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help