BangkaPos/
Home »

Techno

» News

Telkomsel Disadap Selandia Baru, BNI Dimatai-matai NSA

Situs ini sendiri berisikan dokumen-dokumen rahasia yang pernah diungkap oleh Edward Snowden,

Telkomsel Disadap Selandia Baru, BNI Dimatai-matai NSA
Shutterstock
Ilustrasi penyadapan 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA,  — Beberapa waktu lalu, isu penyadapan yang dilakukan oleh Pemerintah Selandia Baru kembali santer terdengar.

Saat kabar "panas" tersebut belum mereda, kini muncul lagi sebuah isu baru, salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), ternyata pernah disadap Amerika Serikat. 

Kabar tersebut muncul dari sebuah dokumen berjudul "Intro to the VPN Exploitation Process" yang diunggah ke situs Snowden Archive.

Situs ini sendiri berisikan dokumen-dokumen rahasia yang pernah diungkap oleh Edward Snowden, seorang mantan karyawan kontrak NSA yang kini banyak membocorkan rahasia keamanan internet.

Di halaman 42 dokumen berbentuk file presentasi tersebut, National Security Agency (NSA) diketahui berhasil menyadap berbagai lembaga keuangan di berbagai negara, salah satunya BNI.

Lembaga keuangan lain yang masuk target operasi penyadapan ini adalah Kabul Bank.

NSA dikatakan juga berhasil memata-matai lembaga pemerintah negara lainnya, seperti Meksiko dan Turki.

Alasan mengapa NSA menyadap BNI tidak dijelaskan.

Meskipun begitu, dokumen tersebut membeberkan teknik penyadapan tersebut menggunakan jalur virtual private network (VPN), jalur yang digunakan milik operator Flexi dari Telkom.

Sekadar informasi, VPN merupakan sebuah jaringan privat yang mengizinkan penggunanya untuk terhubung ke jaringan lain, seperti internet.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help