Lipsus Bangkai Kapal Ashigara

EDC Babel : Kapal Ashigara Potensi yang Harus Dijaga

Pada Tahun 2009, Emas Diving Club (EDC) sudah melakukan penyelaman di kawasan tenggelamnya Kapal Ashigara

EDC Babel : Kapal Ashigara Potensi yang Harus Dijaga
Kapal Ashigara 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Teddy Malaka

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pada Tahun 2009, Emas Diving Club (EDC) sudah melakukan penyelaman di kawasan tenggelamnya Kapal Ashigara di perairan Muntok Bangka Barat. Penyelaman itu dilakukan bersama Balai Arkeologi Jambi.

Saat itu EDC bersama Balai Arkeologi Jambi melakukan pendataan spot tenggelamnya kapal- kapal perang di perairan Bangka Belitung. Satu di antaranya adalah Kapal Ashigara.

"Sangat disayangkan jika bangkai kapal Ashigara itu diangkat dan diambil besinya. Padahal itu satu di antara sekian bukti sejarah yang dimiliki Bangka Belitung," kata Ketua Harian EDC Bangka Belitung, Syarli Nopriansyah, Senin (!8/4/2017).

Ia mengharapkan langkah pengangkatan bangkai kapal perang itu dikaji ulang. Karena selain bukti sejarah, lokasi tenggelamnya kapal Ashigara merupakan wisata diving (penyelaman) yang sangat potensial.

"Jika wisata terumbu karang kita jauh kalah, tetapi dari sisi sejarah, wisata diving bangkai kapal Ashigara ini akan jauh lebih baik," katanya.

Menurutnya tentu saja keberadaan kapal Ashigara itu sangat bernilai. Masyarakat Muntok, masyarakat Bangka Barat, masyarakat Bangka Belitung dan Indonesia seluruhnya harus mengetahui jika kita memiliki potensi ini.

"Karena itu semua, sudah sepantasnya potensi ini dijaga bersama," katanya.

Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved