BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Inge Prasetyo Sang Ironman Perempuan Indonesia Pertama Kangen Sungailiat Triathlon

Inge Prasetyo, perempuan Indonesia pertama yang berhasil menjadi jawara pada event Ironman Taiwan

Inge Prasetyo Sang Ironman Perempuan Indonesia Pertama Kangen Sungailiat Triathlon
Inge Prasetyo 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pertama kalinya Indonesia berhasil menghadirkan perwakilannya untuk ikut ajang bergengsi Internasional di event Ironman World Championship Qualifier 2017.

Sang Ironman ini bukanlah dari kalangan pria, namun dialah Inge Prasetyo, perempuan Indonesia pertama yang berhasil menjadi jawara pada event Ironman Taiwan pada tanggal 2 Oktober 2016 lalu. Sebagai jawara Inge berhak tamping diajang Kejuaraan Ironman Word Championship yang akan berlangsung di Kona, Hawaii 14 Oktober 2017 nanti.

Tak main-main Srikandi Indonesia ini berhasil menempuh kategori untuk nomor full distance dengan jarak renang 3,8 km, bersepeda 180km dan berlari full marathon sejauh 42,2 km.

Ketertarikan Inge terhadap dunia triathlon berawal ketika sang teman membelikannya majalah berlari. Didalam artikel majalah tersebut diulas tentang Triathlon dan Ironman.

"Disana saya mulai tertarik akan olahraga ini dimana para pesertanya harus menggabungkan tiga disiplin (renang, sepeda, lari) dalam satu perlombaan. Pada tahun 1996 saya mengikuti lomba triathlon pertama saya di Batam. Saya tidak berhasil menyelesaikan perlombaan itu, dan mungkin hampir jera," ungkap Inge
kepada bangkapos.com melalui emailnya, Selasa (18/4/2017).

Kemudian pada tahun 2014 lalu, Inge mulai mencoba menjajaki kembali, dengan mengikuti lomba-lomba lari jarak jauh. Setelah itu ia berpartisipasi di lomba triathlon lagi, dimulai dari jarak olimpiade kemudian baru mencoba di kategori Ironman.

"Dulu saya tinggal dan bekerja di Shanghai. Disana saya suka mengikuti beberapa perlombaan, baik lomba marathon ataupun lomba triathlon. Pengalaman yang paling berkesan mungkin pada 2016 kemarin di Ironman Taiwan, dimana itu merupakan Ironman Full Distance dengan jarak renang 3.8km, bersepeda 180km dan berlari full marathon (42.2km). Saya berhasil memenangkan kategori umur saya (35-39 tahun) dan mendapatkan slot untuk ke kejuaraan dunia Ironman," kata Inge.

Setelah pengalaman di Ironman Taiwan kemarin, ia baru saja kembali dari Ironman 70,3 Liuzhou, China. Disana Inge berhasil mendapat posisi ke tiga di kategori 35 hingga 39 tahun.

"Selain itu saya sempat berpartisipasi di Pariaman Triathlon meraih Juara I, Herbalife Bali Triathlon meraih Juara 2 Age Group) di 2016 kemarin," ucap Inge.

Keberhasilannya tak lepas dari sosok sang ibu. Bagi Inge ibunya lah yang telah mengispirasinya untuk pantang menyerah dan tak putus asa agar terus mengukir prestasi.

Halaman
123
Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help