Home »

Lokal

» Bangka

Sungailiat Triathlon 2017

Ini Rute Lintas Sungailiat Triathlon dan Berikut Pola Pengamanannya

Berbagai personil telah disiapkan, sebelum hari pelaksaaan, hingga selesai.

Ini Rute Lintas Sungailiat Triathlon dan Berikut Pola Pengamanannya
Bangka Pos / Nurhayati
Gubernur Babel H Rustam Effendi saat mengibarkan bendera start untuk peserya long distance, Sabtu (23/4/2016) saat event Sungailiat Triathlon di Pantai Tanjung Pesona Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Triathlon 2017 di Sungailiat Bangka, besok akan dilaksanakan. Inilah rutu-rute yang bakal dilintasi para peserta nanti, termasuk pola pengamanannya.

Kapolres Bangka AKBP Johannes Bangun diwakili Kabag Ops Kompol S.Sophian, memastikan jalur tempuh yang diamankan petugas.

"Khusus rute renang itu dilaksanakan di Perairan Pantai Tanjung Pesona. Sedangkan untuk rute sepeda dimulai dari Tanjung Pesona, Jl Tanjung Pesona, Simpang Perahu, Jl Jenderal Sudirman, Simpang Gedung Juang, Jl Sungailiat-Pangkalpinang, Tikungan Puskesmas Rbo, Jl Patimura Desa, Simpang Pantai Rebo, Jl Lintas Timur- Putaran Pantai Temberan, Simpang Tiga Pantai Rebo, Jl Pantai Tikus Puri Tri Agung-TP dan finish di Tanjung Pesona," jelasnya.

Mengenai pengamanan, Sophian memastikan telah direncanakan secara matang. Berbagai personil telah disiapkan, sebelum hari pelaksaaan, hingga selesai.

"Yang pasti pengamanan (PAM) dilaksanakan secara tertutup dan terbuka. Untuk PAM terbuka kita tempatkan personil berpakaian dinas di pusat acara Tanjung Pesona dan disetiap rute perlombaan, baik renang maupun sepeda dan lari," katanya.

Sedangkan personil yang dikerahkan dalam pengamanan acara ini, tak hanya dari Polres Bangka saja, melainkan jajaran kepolisian sektor, hingga Polda Babel dan pihak terkait lainnya.

"Untuk mendukung kegiatan, pengamanan dilakukan Polres Bangka, dibantu Tim Gegana Satbrimobda dan satu unit Kapal C2 beserta personilnya dari Ditpolair Polda Babel," katanya.

Sebelumnya, Bupati Bangka H Tarmizi HS didampingi Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Bangka, Akhmad Mukhsin, Ketua Panitia Sungailiat Triathlon Arman Agus dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Thony Marza, Kamis (20/4/2017) telah meninjau persiapan event akbar Sungailiat Triathlon yang diselenggarakan Pemkab Bangka bersama Pemprop Babel.

Usai rapat persiapan penilaian Adipura ia langsung memantau jalan-jalan yang akan dilalui para peserta Sungailiat Triathlon.

Dari mulai Simpang Rebo, Lintas Timur, menuju ke Puri Tri Agung hingga Hotel Tanjung Pesona untuk melihat kesiapan rute maupun penginapan.

Para petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan Kabupaten Bangkatampak membersihkan jalan-jalan dari pasir agar jalan yang dilalui para peserta tidak licin.

Selain itu, terlihat beberapa petugas membersihkan rumput di sekitar rute-rute yang akan dilalui para peserta Sungailiat Triathlon.

Diakui Tarmizi sehari sebelumnya, persiapan pelaksanaan Sungailiat Triathlon ini sudah cukup baik tetapi masih ada beberapa yang perlu dipersiapkan, agar event sport tourism ini berjalan dengan lancar dan sukses.

"Secara umum persiapan Sungailiat Triathlon ini sudah sekitar 97 persen saya lihat, tinggal lagi pemasangan rambu-rambu yang akan diselesaikan besok pagi, kedua pembersihan jalan dari pasir sudah mulai ada yang disekop, dicangkul dan besok malam langsung disemprot dengan mobil pemadam kebakaran dan PDAM. Saya rasa itu akan bersih," katanya.

Penulis: ferylaskari
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help