BangkaPos/

Jelang Ruwahan, Harga Ayam Merangkak Naik

Harga daging ayam di pasar pembangunan Pangkalpinang mulai naik. Saat ini harga ayam mencapai Rp 33.000/kg

Jelang Ruwahan, Harga Ayam Merangkak Naik
BANGKAPOS.COM/KRISYANIDAYATI
Para pedagang Ayam di Pasar Pembangunan Pangkalpinang, Jum'at (21/4/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Harga daging ayam di pasar pembangunan Pangkalpinang mulai naik. Saat ini harga ayam mencapai Rp 33.000/kg dari sebelumnya hanya Rp 28-30 ribu/kg.

Hartemi, pedagang ayam di pasar pembangunan mengatakan harga mulai naik sejak dua hari belakangan. Kenaikan harga ini dipicu oleh beberapa hari besar keagaaman seperti ruahan dan isra' Mi'raj.

"Barangnya banyak cuma harganya naik, kemarin itu Rp 27-29 ribu/kg hari ini udah Rp 30-33 ribu/kg, ini bisa naik lagi. Mungkin karena orang mau ruahan, kita kan ada tradisi nganggung terus beberapa daerah itu ada yang lebaran," katanya ditemui Bangka Pos, Jum"at (21/4/2017).

Hartemi memprediksi harga ini akan terus naik hingga jelang Ramadan. Menurutnya, pasokan daging ayam tidak memengaruhi ke stabilan harga. Pasalnya pasokan barang cukup banyak.

"Mungkin orang nyetok untuk ruahan, abis ruahan kan puasa pula. Kalau puasa pasti naik lagi harganya, karena banyak yang beli, kalau sekarang pembelinya kurang harganya naik," katanya.

Berdasarkan pengalamannya, siklus harga akan terus naik hingga satu minggu puasa, namun akan kembali turun pada minggu kedua puasa. Ia berharap harga ayam akan kembali normal, sehingga pembeli juga banyak.

"Kalau naik kan belum tentu kita untung banyak, tapi kayaknya ini naik terus karena belum hari H aja dari sekarang sudah naik terus, biasanya Rp 28-30 ribu/kg kita jual, kayaknya belum selesai naiknya," bebernya.

Pedagang lain, Udin mengatakan meningkatnya harga ayam juga berpengaruh pada menunrunnya daya beli masayarakat.

"Kalau yang filet itu bisa Rp 50 ribu/kg, kalau bulat Rp 27-28, kalau bersih sekarang Rp 30-33 ribu/kg. Untungnya sekarang ikan mahal jadi orang beli ayam, kalau ikan murah KO kita yang jualan ayam," katanya.

Halaman
12
Penulis: krisyanidayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help