Mau Jadi Destinasi Wisata, Tapi Babel Belum Punya Branding, Ini yang Dilakukan Disbudpar Babel

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejauh ini belum dikenal secara khusus sebagai daerah tujuan wisata di Indonesia.

Mau Jadi Destinasi Wisata, Tapi Babel Belum Punya Branding, Ini yang Dilakukan Disbudpar Babel
bangkapos/alza munzi
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel Rivai usai pembukaan Sosialisasi Branding Pesona Indonesia di Hotel Renz Pangkalpinang, Jumat (22/4/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejauh ini belum dikenal secara khusus sebagai daerah tujuan wisata di Indonesia.

Saat disebutkan nama Babel, belum ada kata atau kalimat khusus yang disematkan untuk daerah yang terkenal dengan keindahan wisata alam terutama pantai ini.

Berbekal kondisi itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Babel menggelar Sosialisasi Branding Pesona Indonesia di Hotel Renz Pangkalpinang, Jumat (22/4/2017).

"Branding sangat penting untuk mengenalkan pariwisata di Babel. Kita perlu membuat branding yang tepat sehingga Babel dikenal dengan andalan pariwisata mengagumkan di Indonesia," jelas Kepala Disbudpar Babel Rivai.

Dia berharap kegiatan yang diikuti pelaku pariwisata, jurnalis, pegawai Disbudpar se-Babel serta pihak-pihak terkait lainnya itu memberi manfaat besar bagi wisata Babel.

Hadir sebagai narasumber Praktisi Pers Agus Ismunarno, PHRI Babel Bambang Pattijaya, Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Gunawan Wimbawa dan konsultan Ogilvy & Mathers Indonesia Budi Rizanto Birol.

Agus Ismunarno pada kesempatan itu mengajak peserta untuk mengetahui arti dan konsep branding.

"Saat kita bicara Radio Sonora apa yang dibayangkan, atau tentang UBB apa yang terpikirkan. Apakah sudah ada bayangan saat disebutkan sesuatu. Misalnya, koran Bangka Pos, apa yang ada di benak Anda?" ujar Agus Ismunarno.

Atau saat menyebut nama Belitung, menurut Agus yang terbayangkan adalah Laskar Pelangi.

Sehingga, menurut Agus, branding bukan persoalan sepele yang tidak sekadar sebuah nama namun lebih pada sekumpulan komunikasi yang akan disampaikan.

"Yuk, di ruangan ini, kira-kira apa branding yang tepat untuk Babel," ungkap Agus.

Penulis: Alza Munzi
Editor: Alza Munzi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help