BangkaPos/

Semangat Kartini, SMPN 1 Pangkalpinang Adakan Lomba Kebaya Dan Menghias Kelepon

Perayaan hari kartini di SMPN 1 Pangkalpinang berlangsung dengan meriah.

Semangat Kartini, SMPN 1 Pangkalpinang Adakan Lomba Kebaya Dan Menghias Kelepon
IST
Meriahnya perayaan hari kartini di SMPN 1 Pangkalpinang, Jum'at (21/4) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Perayaan hari kartini di SMPN 1 Pangkalpinang berlangsung dengan meriah. Para siswa diajak melihat perjuangan dan semangat Raden Ajeng Kartini melalui berbagai rangkaian kegiatan.

Seperti yang diungkapkan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Sri Sundari, para siswa memperagakan kehidupan RA. Kartini serta perjuangannya.

Sebagai wujud semangat dari muatan lokal kedaerahan, pihaknyapun mengadakan lomba pakaian kebaya dan menghias kue tradisonal yaitu kelepon.

"Tujuan dari kegiatan ini sebetulnya agar anak-anak paham, khususnya perempuan tentang RA. Kartini. Kemudian bisa terinspirasi ingin melakukan kegiatan yang mampu membuat perubahan yang positif," terang Sri Sundari kepada bangkapos.com, Jum'at (21/4)

Kegiatan perayaan hari Kartini di hadiri oleh kepala dinas pendidikan kota Pangkalpinang Edison Taher dan seluruh civitas akademik di SMPN 1 Pangkalpinang.

Sementara kepala sekolah SMPN 1 Pangkalpinang Eko Heri Priyanto menyebutkan, perayaan hari Kartini di sekolahnya tidak pernah absen dilaksanakan.

Rangkaian kegiatannyapun berpariatif, tentunya dengan menekankan pada nilai-nilai perjuangan dan nasionalisme.

" Kedepan kegiatannya akan lebih ditingkatkan lagi, seperti bedah buku, debat sejarah yang berkaitan dengan pahlawan terlebih khusus RA. Kartini. Para siswa yang akan telibat agar mereka pahan dan mengerti," ujar Eko.

Eko menambahkan, sebagai sekolah yang berwawasan sejarah, sekolahnya kini menjadi sering dikunjungi sekolah-sekolah di Pangkalpinang.

Pihaknyapun telah membuat kelas khusus beberapa pahlawan, seperti Depati Amir dan Diponegoro. Merekalah yang akan menjelaskan kepada para pengunjung tentang tokoh tersebut.

"Nanti kami akan membuat kelas khusus RA. Kartini, di kelas ini yang berkaitan dengan kartini akan dipelajari siswanya, jadi siapapun yang berkunjung bisa mendapatkan pengetahuan darinya. Kayak semacam seorang tour guide sejarah," terangnya.

Penulis: khamelia
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help