BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Sungailiat Triathlon 2017

Kemenpar Akan Pasarkan Sungailiat Triathlon ke Mancanegara

Sungailiat Triathlon salah satu teknik pemasaran pariwisata di Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Bangka untuk menarik wisatawan.

Kemenpar Akan Pasarkan Sungailiat Triathlon ke Mancanegara
Bangkapos.com/Nurhayati
Peserta Sungailiat Triathlon 2017 dihibur penampilan barongsai. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tim Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Larasati Sedyaningsih, menilai Sungailiat Triathlon, salah satu teknik pemasaran pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Bangka untuk menarik wisatawan.

Dia melihat wisatawan asing sudah banyak mengikuti event sport tourism ini. Untuk itu event Sungailiat Triathlon ini harus selalu diadakan setiap tahun karena sangat berguna untuk pengembangan pariwisata daerah.

Para wisatawan asing bisa melihat pantai, keindahan alam, keramahan masyarakatnya hingga wisata kuliner.

Menurut Larasati, tugas kementerian pariwisata untuk melakukan pemasaran dan membina destinasi wisata yang ada di daerah.

Untuk itu kementerian pariwisata akan membantu menyebarluaskan informasi mengenai Sungailiat Triathlon ke seluruh dunia terutama ke para pegiat triathlon. 

"Tahun depan kita bisa meningkatkan lebih besar marketingnya ke negara-negara lain terutama yang menjadi pusat triathlon," kata Larasati kepada bangkapos.com ketika menghadiri Sungailiat Triathlon 2017 di Tanjung Pesona Beach Resort and Spa, Sabtu (22/4/2017) .

Diakuinya, untuk mengikuti triathlon para peserta harus benar-benar berlatih baik renang, lari dan bersepeda.

Dia menilai ketangguhan fisik para peserta triathlon luar biasa.

"Tidak semua atlet lho bisa," ujar Larasati.

Saat ditanya support dana dari kemenpar untuk event Sungailiat Triathlon ini, ia tidak bisa mengkalkulasi angkanya.

Namun support yang diberikan kementerian berupa promosi pariwisata yang pasti butuh biaya.

"Kami pada tahun ini kita dukung dalam promosi, branding, pers conferse di pusat, kemudian kita kerjasama dengan provinsi," jelas Larasati.

Menurutnya untuk meningkat event Sungailiat Triathlon agar lebih besar yang perlu dilakukan adalah promosi, dan kesiapan daerah seperti penginapan untuk peserta karena semakin besar event yang digelar infrastuktur daerah harus siap, hingga penerbangan untuk menuju ke daerah tujuan triathlon.

"Kalau di Bintan itu dekat Singapura aksesnya lebih mudah, mereka bisa naik kapal, jadi orang tidak perlu nginap, mereka tinggal di Singapura terus pulang lagi. Misal hotel cuma 100 yang ikut 3.000 orang nggak masalah, kalau disini orang datang kesini harus menginap tidak bisa orang dari Jakarta datang ke sini terus pulang. Itu pembedanya kenapa Bintan itu bisa banyak sekali pesertanya karena aksesnya," jelas Larasati.

Penulis: nurhayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help