BangkaPos/

Begini Cerita tentang Indonesia, Negara Hebat yang DuluTak Terlihat di Dunia

Indonesia dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia dan mengekspor berbagai macam komoditas ke seluruh dunia

Begini Cerita tentang Indonesia, Negara Hebat yang DuluTak Terlihat di Dunia
Lambang Negara Indonesia 

BANGKAPOS.COM - Selain terkenal karena memiliki penduduk Muslim terbanyak di dunia dan mengekspor berbagai macam komoditas ke seluruh dunia, Indonesia adalah hal yang sangat besar dan tak terlihat di dunia.

Jika melihat geliat dinamika generasi muda di tanah air serta urbanisasi dan pasar dengan konsumen yang begitu besar, pada investor di seluruh dunia tentu akan melihat potensi Indonesia yang sangat besar.

Argumen semacam ini sebenarnya bukanlah argumen baru. Hal ini sudah mulai diprediksi oleh Reuters dan Economist sejak akhir tahun 1980-an.

Selama kurun waktu tiga dekade, pendapatan per kapita Indonesia meningkat pesat.

Pendapatan per kapita Indonesia telah meningkat lima kali lipat hingga angka 43,8 juta rupiah.

Angka ini bagus walau belum sebanyak Thailand dan Vietnam yang pendapatan per kapitanya meningkat sebanyak tujuh hingga delapan kali lipat.

Jangan bandingkan pula dengan Tiongkok yang sejak tahun 1985 hingga sekarang pendapatan per kapitanya sudah hampir mencapai 106 juta rupiah atau naik hingga 26 kali lipat.

Sebagai negara yang memiliki sumber daya alam tak terbatas, rapor ini tentu terbilang masih buruk. Salah satu penyebabnya adalah Indonesia terdiri dari 7.000 pulau-pulau kecil tak berpenghuni.

Persebaran begitu banyak pulau ini menimbulkan masalah infrastruktur yang cukup berat. Tak hanya itu, masalah birokrasi di negeri kita ini juga terkenal sangat berbelit-belit.

Bukan hanya masalah infrastruktur dan birokrasi, sistem legal di Indonesia juga tidak menjamin adanya kontrak yang aman.

Halaman
1234
Editor: Alza Munzi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help