Pelepasan 1000 Burung Lestarikan Flora Fauna Bangka

Kolaborasi yang sangat luar biasa, tiga organisasi menjadi satu bergerak untuk menjaga pelestarian lingkungan

Pelepasan 1000 Burung Lestarikan Flora Fauna Bangka
bangkapos.com/Khamelia
Panitia Waisak, Yayasan Gunung Mangkol Lestari, Alobi, Bupati Bangka Tengah, tokoh masyarakat, aktivis lingkungan, pelajar dan masyarakat melepaskan burung dalam ke alam habitatnya di kawasan gunung mangkol. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pelepasan lebih dari 1000 ekor burung dan benih ikan menjadi bagian dari kegiatan perayaan Hari Raya Waisak yang diselenggarakan oleh Panitia Waisak Babel 2017 bekerjasama dengan Yayasan Gunung Mangkol Lestasi dan Animal Lovers of Bangka Island (ALOBI) yang dilaksanakan, Sabtu 22 April 2017, berlokasi di kawasan Gunung Mangkol Pangkalan Baru, Bangka Tengah.

Kegiatan dalam merayakan tradisi fang sen bagi umat Buddha ini berlangsung sukses dihadiri 500 undangan terdiri dari pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, aktivis lingkungan, pelajar serta masyarakat.

Dengan mengusung tema "Menjaga Kebhinekaan Dalam Kebersamaan" diharapkan semua unsur lebih bersatu lagi memakmurkan Negeri Serumpun Sebalai Provinsi Bangka Belitung.

Ketua Panitia Perayaan Waisak, Abet Suhaian mengatakan pihaknya menyambut gembira kerja bersama yang dilakukan oleh panitia Waisak bersama Yayasan Gunung Mangkol Lestari dan Alobi.

"Kolaborasi yang sangat luar biasa, tiga organisasi menjadi satu bergerak untuk menjaga pelestarian lingkungan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, tradisi fang sen ini merupakan rangkaian dari puncak kegiatan Hari Waisak 2017.

Sebelumnya sudah digelar bakti sosial donor darah, dan pada tanggal 28 bakal dilaksanakan lomba pantun, tanggal 30 pengambilan air suci sekaligus pensakralan, prosesi budhis kirab dan renungan Waisak di Desa Kapur Penagan.

"Sejumlah kegiatan yang kami laksanakan ini tujuan utamanya memberikan manfaat bagi seluruh umat dan makhluk hidup semesta alam," tuturnya.

Ketua Yayasan Gunung Mangkol Lestari, Johan Riduan Hasan mengatakan, kegiatan yang digagas oleh Panitia Waisak yang melibatkan sejumlah pihak ini sebagai upaya mencintai alam, lingkungan dan habitatnya.

Halaman
12
Penulis: khamelia
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved