BangkaPos/
Home »

Sports

» Tinju

Remaja Berhijab Ini Berjuang Demi Bisa Ikut Kompetisi Tinju di AS

Setelah bertahun-tahun mengikuti kejuaraan tinju amatir, akhirnya perjuangan perempuan berhijab ini membuahkan hasil.

Remaja Berhijab Ini Berjuang Demi Bisa Ikut Kompetisi Tinju di AS
IST
Amaiya Zafar 

BANGKAPOS.COM - Setelah bertahun-tahun mengikuti kejuaraan tinju amatir, akhirnya perjuangan perempuan berhijab ini membuahkan hasil.

Perjuangan tersebut tak sebatas menempa diri sendiri untuk memenangkan kejuaraan tinju, tapi juga memperjuangkan hak atas kebebasan mengenakan hijab dalam pertandingan.

Adalah Amaiya Zafar, remaja 16 tahun yang berasal dari Oakdale, Amerika Serikat yang telah menghabiskan waktu dan tenaga demi menuntut haknya untu berpartisipasi dalam kompetisi USA Boxing.

Mengenakan baju lengan panjang, legging dan tak lupa kepalanya dibalut dengan hijab, begitulah kostumnya saat berlatih tinju.

Perjuangan memang belum berakhir, namun kabar mengenai namanya yang masuk dalam daftar pertandingan tinju kompetitif tentu jadi penyemangat untuknya.

Kini ia akan tampil untuk pertama kalinya dalam pertandingan tinjun pada 29 April mendatang.

Kompetisi ini akan berlangsung di Richard Green Central Park School, Minneapolis, Amerika Serikat.

Awalnya, aturan pakaian ini dimaksudkan untuk melihat secara jelas seberapa parah cedera yang terjadi saat pertandingan.

"Mengapa saya harus berkompromi kepada olahraga yang saya cintai, ini adalah hidup saya, saya pergi ke sasana setiap hari dan mengapa saya harus berkompromi pula dengan aturan agama saya," ucap Zafar pada WCCO, seperti dikutip dari laman dailymail.co.uk.

Beberapa waktu yang lalu, Michael Martino direktur eksekutif USA Boxing mengayakan Zafar bisa bergabung dalam kompetisi ini dengan memakai hijab dan legging.

Halaman
12
Editor: edwardi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help