BangkaPos/

Menguak Kelezatan Kuliner Khas Vietnam, Sejak Zaman Perang hingga Kini Tetap Digemari

Ketika pemilik restoran David Huynh memutuskan melakukan ziarah kuliner ke Vietnam, dia melangkah dengan pikiran terbuka dan hasrat untuk mencicipi.

Menguak Kelezatan Kuliner Khas Vietnam, Sejak Zaman Perang hingga Kini Tetap Digemari
AFP/HOANG DINH NAM
Pho adalah hidangan yang serbaguna. 

BANGKAPOS.COM - Ketika pemilik restoran David Huynh memutuskan melakukan ziarah kuliner ke Vietnam, dia melangkah dengan pikiran terbuka dan hasrat untuk mencicipi.

Pemilik restoran berdarah Vietnam-Kanada, yang kini mengelola Civil Liberties, sebuah bar "tanpa menu" di Toronto, berencana mengembangkan daftar kulinernya dengan menggali lebih jauh lagi akarnya.

Orangtuanya berimigrasi ke Toronto dari Saigon selama Perang Vietnam, yang artinya dia tumbuh dan besar dengan hidangan ala Vietnam Selatan. Tetapi dia ingin mempelajari lebih jauh.

Rencananya dia akan membuka restoran pho Vietnam cepat saji yang terinspirasi oleh bagaimana mi kuah yang ikonik itu dibuat dan dinikmati di Vietnam.

Pho - dianggap sebagai hidangan nasional Vietnam - disukai di seluruh pelosok negeri dan seantero dunia.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, makanan itu terdiri dari kuah kaldu harum yang dituangkan ke atas setumpuk mie beras segar dan ditambahkan sedikit bawang daun, bumbu herbal, dan irisan daging lezat.

Sementara pho daging (pho bo) adalah pho yang paling digemari dan disantap sepanjang hari, pho ayam (pho ga) juga sangat dicintai - konon menu ini pertama kali diracik pada tahun 1939 ketika pemerintah mencoba membatasi pemotongan sapi dengan melarang menjual daging sapi pada hari Senin dan Jumat.

Karena lebih ringan ketimbang pho daging yang berlemak, menu ini disukai untuk sarapan. Tetapi kemudian ada banyak variasi dan kita masing-masing memiliki tempat favorit untuk makan.

Ini kali pertama Huynh ke Vietnam, dan dia melakoninya selama sebulan, membawanya dari utara ke selatan dan ke setiap pelosok, mencari apa yang dianggapnya sebagai semangkuk pho ideal.

Pemberhentian pertamanya di ibu kota Vietnam, Hanoi, yang dianggap tempat kelahiran hidangan tersebut di awal abad ke 20.

Halaman
1234
Editor: Alza Munzi
Sumber: BBC Indonesia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help