BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

30 Penyuluh Pertanian Bangka Akan Disekolahkan ke STTP Yogyakarta

Penandatangan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Bangka, H Tarmizi Saat dan Ketua STPP, Ali Rachman,

30 Penyuluh Pertanian Bangka Akan Disekolahkan ke STTP Yogyakarta
Dok: Humas dan Protokol Setda Bangka
Bupati Bangka, H Tarmizi Saat dan Ketua STPP, Ali Rachman, ketika melakukan penandatangan MoU, Kamis (4/5/2017) di Kampus STPP jurusan penyuluhan pertanian di Jalan Kusuma Negara Yogyakarta. (

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Sebanyak 30 pelajar berprestasi di Kabupaten Bangka akan disekolahkan oleh Pemkab Bangka menjadi penyuluh pertanian di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Yogyakarta.

Untuk itu Pemkab Bangka sudah melakukan kerjasama dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada saat kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemkab Bangka Nomor : 420/485/DINDIKBUD/2017 dengan STPP Magelang Yogyakarta Nomor : 314/SM.220/I.S/03/2017 tanggal 4 Mei 2017.

Penandatangan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Bangka, H Tarmizi Saat dan Ketua STPP, Ali Rachman, Kamis (4/5/2017) di Kampus STPP jurusan penyuluhan pertanian di Jalan Kusuma Negara Yogyakarta.

Menurut Tarmizi, pertanian yang tangguh menjadi misi Kabupaten Bangka di bawah kepemimpinannya dan Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah.

Untuk itulah, Pemkab Bangka ingin mempunyai investasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal di bidang pertanian dengan menyekolahkan para pelajar Bangka menjadi penyuluh pertanian.

"Saya ingin kerjasama ini dilakukan minimal tiga hingga lima tahun. Apa persyaratannya akan kami ikuti. Bangka masa depannya pertanian dan pariwisata," kata Tarmizi melalui rilis yang dikirimkan Bagian Humas dan Protokol Setda Bangka.

Ia juga menyambut baik program yang disampaikan Ketua STPP dimana akan diadakan short tim education dimana tim dari STPP akan memberikan pendidikan singkat kepada penyuluh dan petani di Bangka agar bisa menjadi ahli dalam satu bidang seperti ahli jagung, seledri, nanas, sayur-sayuran, dan tanaman holtikultura.

"Terima kasih atas ide programnya jadi sebelum para pelajar selesai maka kita juga sudah memiliki ahli dalam bidang pertanian dalam program short time education," kata Tarmizi.

Ketua STPP, Ali Rachman mengatakan, pihaknya menyambut baik perjanjian kerjasama itu yang mana nantinya para pelajar di Bangka akan dididik menjadi penyuluh pertanian dan peternakan selama empat tahun atau setara D4 yang mana untuk pendidikannya 40 persen teori dan 60 persen praktek.

Penandatangan MoU ini dihadiri bupati bersama Kepala Inspektorat Bangka Darius, Kepala Dindikbud Bangka Padli, Kabag Hukum, Tiaman Fahrulrozy, Perwakilan Badan Keuangan dan Aset Daerah, Susi, Sekretaris Dikbud Bangka Siti Januarsih bersama dengan pejabat struktural STPP.

Mereka melakukan peninjauan Kampus STPP jurusan penyuluhan pertanian seluas delapan hektar yang dilengkapi dengan asrama, perpustakaan, ruang belajar dan praktek.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help