Dapat Zona Hijau, Ombudsman Babel Minta Imigrasi Lebih Tingkatkan Pelayanan

Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan pemantauan secara langsung terhadap pelayanan yang disediakan oleh Kantor Imigrasi

Dapat Zona Hijau, Ombudsman Babel Minta Imigrasi Lebih Tingkatkan Pelayanan
Bangka Pos / Ryan Agusta
Ketua Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bangka Belitung, Jumli Jalamudin 

BANGKAPOS.COM--Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung, Selasa (2/5/2017) lalu mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinag.

Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan pemantauan secara langsung terhadap pelayanan yang disediakan oleh Kantor Imigrasi kepada masyarakat.

Dalam kunjungan itu Kepala Perwakilan Ombudsman RI Babel, Jumli Jamaluddin didamping beberapa asisten dan staf, diterima langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinag, Alwen Nursyam Malik didampingi beberapa staf diruang pertemuan Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang.

Beberapa pantauan yang dilakukan oleh Ombudsman RI Babel diruang pelayanan, diantaranya tentang fasilitas layanan, fasilitas atau sarana unit pengelolaan pengaduan masyarakat, fasilitas atau sarana Indek Kepuasan Masyarakat (IKM), ketersediaan loket pengambilan paspor.

Ombudsman juga memantau pembayaran administrasi layanan melalui counter perbankan yang tersedia di kantor Imigrasi dengan menggunakan Kartu Perbankan yaitu bisa menggunakan seperti kartu ATM, fasilitas atau sarana ruang pendaftaran, ruang layanan bermain untuk anak dan fasilitas atau sarana untuk berkebutuhan khusus seperti kursi roda dan ruangan untuk ibu menyusui, dan termasuk fasilitas atau sarana ruang ruang baca atau perpustakaan bagi masyarakat yang berurusan di kantor Imigrasi.

Selain pantauan terhadap fasilitas atau sarana tersebut, juga melakukan pemantauan terhadap standar pelayanan yang ada di kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang.

"Berdasarkan pantauan Ombudsman RI Babel terhadap beberapa hal tersebut, layanan yang disediakan oleh Kantor Imigrasi memang mengalami peningkatan. Terhadap upaya perbaikan dan peningkatan layanan yang dilakukan oleh Kepala Imigrasi Kelas I Pangkalpinang bersama staf dan jajarannya tersebut, kami menyampaikan apresiasi," ungkap Kepala Ombudsman RI Perwakilan Babel Jumli Jamaluddin.

Ia berharap tetap dapat dipertahankan, bahkan terus ditingkatkan secara optimal dengan inovasi-inovasi untuk mempermudah dan memperpendek prosedur layanan, sehingga berdampak untuk memberikan kepuasan pelayanan bagi masyarakat yang berurusan di kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang.

Jumli mengungkapkan, berdasarkan hasil observasi Ombudsman RI yang dilakukan pada tahun 2015 dan 2016 yang lalu, Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang memperoleh penghargaan zona hijau dengan kepatuhan tinggi terhadap pemenuhan standar pelayanan yang diamanahkan oleh UU 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Hal ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan secara optimal.

Bahkan jika standar layanan sudah terpenuhi maka semakin mudah untuk meningkatkan kualitas layanan.

"Dengan diraihnya zona hijau di tahun 2016 tersebut, Ombudsman RI Babel menyarankan kepada pihak Kemenkumham ataupun melalui Kepala Kantor Wilah Kemenkumham Babel dapat memberikan berupa penghargaan kepada pihak Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang sesuai arahan di surat Ketua Ombudsman RI beberapa waktu lalu terkait hasil observasi Kepatuhan Standar Pelayanan Publik di tahun 2016," imbuh Jumli. 

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinag, Alwen Nursyam Malik, menjelaskan  Imigrasi memberikan pelayanan fasilitas tambahan khusus untuk Jamaah Haji berupa pelayanan yang dibuka pada hari Sabtu dan Minggu.

Pelayanan  ini sudah terealisasi untuk 3 (tiga) Kabupaten di Babel yaitu Kabupaten Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Bangka Tengah.

Sedangkan terkait pengelolaan pengaduan pelayanan di Imigrasi, untuk pengelolaan pengaduan yang ada di Imigrasi Kelas I Pangkalpinang telah teraplikasi melalui system aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang dikelola Kantor Staf Presiden (KSP).

Halaman
12
Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved