BangkaPos/

Ketua DPRD Diajak Duel Dua Wakilnya, Ribut Sempat Lempar Mikropon

Sejumlah anggota DPRD lainnya menenangkan Mangatas dan Timbul. Eliakim akhirnya bisa keluar dari ruang sidang dengan selamat.

Ketua DPRD Diajak Duel Dua Wakilnya, Ribut Sempat Lempar Mikropon
KOMPAS.com/Tigor Munthe
Ketua DPRD Pematangsiantar, Eliakim Simanjuntak (kepala plontos) saat akan dicegat dua Wakil DPRD Pematangsiantar, Rabu (3/5/2017). 

BANGKAPOS.COM, PEMATANGSIANTAR,  - Ketua DPRD Pematangsiantar Eliakim Simanjuntak ditantang duel oleh dua Wakil Ketua DPRD, Mangatas Silalahi dan Timbul Lingga, dalam rapat paripurna yang berlangsung ricuh di gedung DPRD Jalan Haji Adam Malik, Pematangsiantar, Rabu (3/5/2017).

Rapat paripurna dipimpin Eliakim Simanjuntak awalnya berlangsung lancar meski ada perdebatan sesama anggota DPRD terkait pengusulan komposisi alat kelengkapan dewan (AKD).

Rapat mengalami kebuntuan karena salah satu fraksi yakni Fraksi Indonesia Raya memasukkan dua surat berbeda ke pimpinan DPRD.

Satu surat diteken Ketua Fraksi Indonesia Raya, Oberlin Malau. Surat ini tidak menyertakan tekenan Sekretaris Fraksi Indonesia Raya, Hendri Dunan Sinaga. Surat mengusulkan nama-nama anggota fraksi yang akan duduk di alat kelengkapan.

Surat kedua, dilayangkan Hendri Dunan Sinaga sebagai Sekretaris Fraksi Indonesia Raya, namun tidak menyertakan tekenan ketua fraksinya.

Isinya meminta Ketua DPRD Pematangsiantar agar tidak merespons surat Oberlin Malau karena membuat surat ke pimpinan DPRD tanpa menyertakan persetujuan dan tekenan sekretaris fraksi.

Dua surat ini dibacakan Sekretaris DPRD Pematangsiantar, Mahadin Sitanggang dalam forum paripurna.

Ini kemudian mendapat protes dari sejumlah anggota DPRD, meminta urusan internal fraksi tersebut diselesaikan terlebih dulu baru hasilnya dibawa dalam forum rapat paripurna.

Setelah itu, Eliakim menskors rapat hingga satu jam. Memberi kesempatan Fraksi Indonesia Raya melakukan komunikasi menyelesaikan persoalan internal.

Setelah satu jam skorsing dicabut dan Eliakim didampingi dua pimpinan, Mangatas Silalahi dan Timbul Lingga melanjutkan sidang paripurna.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help