BangkaPos/

Ardian Optimis Raperda Perlindungan Tenaga Kerja Berjalan Mulus

beberapa hal akan diatur seperti persentase porsi penduduk Beltim yang dipekerjakan sebuah perusahaan,

Ardian Optimis Raperda Perlindungan Tenaga Kerja Berjalan Mulus
Posbelitung.com/Dedy Qurniawan
Ketua Komisi III DPRD Beltim, Ardian. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perlindungan Tenaga Kerja Lokal bakal digulirkan ke Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Beltim untuk kemudian disampaikan dalam sidang paripurna.

Ketua Komisi III DPRD Beltim Ardian optimistis raperda itu akan gol menjadi Perda.

Menurut dia, ada sejumlah hal yang menjadi urgensi sehingga raperda ini menjadi penting untuk segera diperdakan sehingga Beltim memiliki payung hukum yang jelas untuk perlindungan tenaga kerjanya.

Ardian menuturkan, beberapa hal akan diatur seperti persentase porsi penduduk Beltim yang dipekerjakan sebuah perusahaan, perlindungan hak dan kewajiban perusahaan terhadap tenaga kerja dan sebaliknya sesuai ketentuan, hingga soal aspek keselematan kerja.

"Banyak sekali (yang perlu diatur), terutama terkait hak-hak pekerja dari perusahaan yang tidak dipenuhi pemberi kerja, dan hak-hak lainnya seperti cuti hamil," kata Ardian, Jumat (5/5/2017)

Menurut anggota DPRD Beltim asal Lilangan ini, praktek selama ini, hal-hal yang perlu diatur tersebut hanya diatur melalui peraturan perusahaan (PP).

Namun, itupun hanya dilakukan oleh segelintir perusahaan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disnaker KUKM) Belitung Timur, kata Ardian, hanya sepuluh perusahaan yang memiliki Peraturan Perusahaan (PP) dan Peraturan Kerja Bersama (beberapa di antaran PP tersebut sudah habis masa berlaku). (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help