BangkaPos/

Bukit Kukus Habitat Hewan Langka dan Dilindungi Juga Penyangga Bukit Menumbing

Pro kontra rencana penambangan Bukit Kukus di kawasan Pal 3 dan Pal 4, Desa Air Belo, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat terus bergulir.

Bukit Kukus Habitat Hewan Langka dan Dilindungi Juga Penyangga Bukit Menumbing
IST
Pecinta Alam Tanam 300 Pohon Nyatoh, Pelawan dan Gaharu dari BPDAS di Bukit Kukus 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Anthoni

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pro kontra rencana penambangan Bukit Kukus di kawasan Pal 3 dan Pal 4, Desa Air Belo, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat terus bergulir.

Polemik rencana penambangan Bukit Kukus oleh PT Lotus SG Lestari ini seakan tak pernah usai. Beragam aksi dan saling klaim menyeruak di kalangan masyarakat dan pemerintah.

Sebelumnya sempat berhembus kabar, jika pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung izin eksplorasi Bukit Kukus. Setelah kabar tersebut mencuat, ratusan orang yang tergabung dalam lintas lembaga, organisasi dan komunitas Pecinta Alam Bangka Belitung menggelar deklarasi sebagai bentuk protes dan penolakan penambangan Bukit Kukus.

Ketua Telapak Bangka Belitung, Ari Irawan menyebut selain rumah bagi hewan-hewan langka dan dilindungi, Bukit Kukus berfungsi sebagai penyangga bagi Bukit Menumbing.

Selain itu terdapat beberapa mata air yang merupakan hulu dari sungai yang ada di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

" Selain habitat bagi hewan langka dan dilindungi, bukit kukus juga merupakan bagian dari penyangga bukit menumbing. Selain itu, bukit kukus juga memiliki kekayaan mata air," ujar Ari Irawan kepada bangkapos.com, Minggu (7/5/2017).

Penulis: oni
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help