BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Kejar Adiwiyata, SDN 20 Mendobarat Daur Ulang Sampah di Sekolah

Kepsek SD N 20 Mendo Barat, Hj. Haroila M. Kohar, S.Pd. SD menyebutkan sekolahnya masuk kedalam tiga sekolah yang ikut seleksi adiwiyata.

Kejar Adiwiyata, SDN 20 Mendobarat Daur Ulang Sampah di Sekolah
IST
Siswa ‎SD N 20 Mendo Barat membuat prakarya dari sisa sampah 

Laporan Wartawan Bangka Pos Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Menyambut penetapan sekolah peraih adiwiyata tingkat sekolah dasar (SD), sekolah di Mendo Barat, Bangka berlomba untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Kepsek SD N 20 Mendo Barat, Hj. Haroila M. Kohar, S.Pd. SD menyebutkan sekolahnya masuk kedalam tiga sekolah yang ikut seleksi adiwiyata. Untuk itu, pihaknya mulai melakukan berbagai persiapan.

Beberapa langkah kata Haroila telah dilakukan dengan menjaga lingkungan sekolah tetap hijau, dengan melakukan penanaman pohon dilingkungan sekolah, selain itu memanfaatkan sisa sampah plastik maupun sampah lain yang tidak terpakai menjadi kerajinan.

"Kita membuat prakarya daur ulang sisa sampah di lingkungan sekolah, bekas koran menjadi tempat tisu, sampah kantong plastik dan cangkir plastik bekas minuman dimanfaatkan untuk prakarya, ini mengajarkan siswa untuk kreatif dan menjaga lingkungan," ujar Haroila, Minggu (7/5/3017).

Haroila M. Kohar menyebutkan sekolah adiwiyata merupakan sekolah yan peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Menurutnya dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita.

"Dengan adiwiyata dapat membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. Selain itu juga dapat mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk untuk mendukung pembangunan berkelanjutan," katanya.

Penulis: Evan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help