Sopian Heran, Ikan Jadi Penyebab Inflasi di Pangkalpinang

Komoditi Ikan yang menjadi salah satu penyebab inflasi tinggi di Pangkalpinang ternyata menjadi perhatian Wakil Walikota

Sopian Heran, Ikan Jadi Penyebab Inflasi di Pangkalpinang
Bangkapos/Zulkodri
Warga Pangkalpinang ketika mengantri membeli beras dan minyak sayur di Kegiatan pasar murah yang digelar di Alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Selasa (09/05/2017).

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komoditi Ikan yang menjadi salah satu penyebab inflasi tinggi di Pangkalpinang ternyata menjadi perhatian Wakil Walikota Pangkalpinang, M Sopian.

Orang nomor dua Pangkalpinang ini, juga mengaku heran, daerah kepulauan seperti Pangkalpinang salah satu penyebab inflasi adalah ikan.

" Ini mungkin ada kesalahan pada sistem pengelolaannya, sehingga harga ikan melonjak naik. Bisa saja ikan kita banyak dijual keluar, hingga harganya melonjak tinggi, sehingga stock kita disini terbatas mungkin ini, yang menjadi salah satu penyebab harga ikan tinggi sehingga menjadi penyebab inflasi," ucapnya saat ditemui bangkapos.com saat meninjau pasar murah yang digelar di Alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Selasa (09/05/2017)

Untuk mencari solusi tersebut, Sopian mengaku saat ini, pemerintah Kota Pangkalpinang bersama Bank Indonesia (BI) sedang mempelajari apa penyebab harga ikan di Kota Pangkalpinang sangat tinggi, serta mencari solusi agar stok ikan yang ada di Kota Pangkalpinang bisa mencukupi kebutuhan masyarakat sehingga tidak lagi menjadi penyebab tingginya inflasi.

"Ada beberapa program yang akan kami buat kedepannya. Rencananya membuat BUMD untuk menampung ikan nelayan. Namun hal ini, masih jadi pertimbangan, terlebih sekarang ini, memasuki masa perdagangan bebas setiap orang berhak untuk berdagang. Kita lagi mencari solusi dan aturannya," ucapnya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada pihak swasta agar tidak menjual seluruh ikan ke luar daerah atau di ekspor keluar. Tetapi juga dijual di pasar lokal.

" Kita harapkan bantuan dan kesadaran pihak swasta agar ikan-ikan yang mereka beli dari nelayan tidak semuanya di ekspor tapi juga dimasukkan ke pasar lokal agar menjadi kestabilan harga didaerah," harapnya

Diakui Sopian penyebab dari inflasi ini, ada bermacam-macam. Terlebih lagi Babel merupakan wilayah kepulauan sehingga bahan-bahan pokok sekitar 80 hingga 90 persen kebanyakan masih dikirim dari luar daerah.

" Salah satu penyebab inflasi di Pangkalpinang selain barang pokok. Ikan dan harga tiket pesawat ternyata juga jadi penyebab inflasi tinggi," ucapnya.

Penulis: zulkodri
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help