Belanda Ajak Anggota Masyarakat Eropa Buat Petisi Melepas Ahok

Anggota parlemen dari majelis rendah meminta Menlu Belanda Bert Koenders untuk membuat petisi buat Indonesia agar bisa membebaskan Ahok.

Belanda Ajak Anggota Masyarakat Eropa Buat Petisi Melepas Ahok
EPA
Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders 

BANGKAPOS.COM, TOKYO - Anggota parlemen Belanda, Joel Voordewind meminta kepada Menteri Luar Negeri Belanda, Bert Koenders, agar mengajak anggota Masyarakat Eropa (EU) lain membuat petisi, meminta agar Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dibebaskan dari penjara.

"Anggota parlemen dari majelis rendah meminta Menlu Belanda Bert Koenders untuk membuat petisi buat Indonesia agar bisa membebaskan Ahok dari penjara karena dianggap penistaan agama," tulis koran Telegraaf kemarin (19/5/2017).

Joel Voordewind mengambil inisiatif yang aktif dan didukung mayoritas partai politik di Belanda baik CDA, PVV, SP, SGP, VVD, GroenLinks, PvdA dan D66.

Koenders juga diminta agar menghimbau Brussel para anggota EU supaya ikut mendukung petisi tersebut.

Koran bahasa Belanda ini juga menuliskan bahwa Ahok diputus penjara 2 tahun kemarin melebihi dari apa yang diperkirakan semula.

"Kasus ini sebagai tes dari toleransi beragama di mana mayoritas beragama Islam," tulis koran itu lagi.

Lembaga Internasional Jangan Intervensi Vonis Ahok

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Rofi Munawar meminta lembaga internasional menghormati keputusan Hukum atas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Dirinya juga meminta agar pihak-pihak tertentu tidak melakukan internasionalisasi isu ini secara berlebihan.

"Sudah sepantasnya lembaga internasional maupun Pemerintah dan parlemen negara lain menghormati keputusan hakim yang Ada di Indonesia," kata Rofi Munawar dalam keterangan pers, Rabu (10/5/2017).

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved