Warung Bakso Bersertifikat Halal di Babel Masih Sangat Minim

Nardi Pratomo mengatakan, pemilik warung bakso bersertifikat halal di Babel masih sangat minim.

Warung Bakso Bersertifikat Halal di Babel Masih Sangat Minim
bangkapos.com/Khamelia
Nardi Pratomo 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Bangka Belitung, Nardi Pratomo mengatakan, pemilik warung bakso bersertifikat halal di Babel masih sangat minim.

Padahal jaminan halal sangat dibutuhkan untuk memberikan kepastian kepada umat bahwa semua unsur dalam pengolahan bakso tersebut adalah halal dan aman untuk dikonsumsi.

"Kesadaran pemilik warung bakso untuk mensertifikasi produk mereka masih sangat minim. Padahal produk ini memiliki titik krisis untuk mudah tercemar, mulai pasokan dari mana asal daging sapi, cara penyembelihan, apakah rumah potong hewannya juga tersertifikasi, hingga proses produksi baksonya, termasuk kandungan apa saja yang ada di dalamnya," ujar Nardi Pratomo dijumpai bangkapos.com usai menyerahkan sertifikat halal kepada bakso MM Babel di Jalan Opas Pangkalpinang.

Dikatakan Nardi warung Bakso MM Babel merupakan pioner warung bakso yang penuh kesadaran agar produk mereka di audit oleh tim auditor LPPOM MUI.

"Warung bakso yang sudah memegang sertifikat halal berarti produknya sudah sesuai dengan sistem jaminan halal MUI, semua proses dan pengambilan bahan baku ditelusuri oleh tim audit," ujarnya.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari masuknya daging oplosan atau tidak halal ke dalam bakso.

"Misalnya tempat pembelian daging tidak boleh berdekatan dengan jualan daging babi, kemudian tempat penggilingan dagingnya juga menjadi perhatian, oleh karena itu akan lebih baik pedagang bakso memiliki alat penggilingan sendiri. Jasa penggilingan di pasar biasanya tidak peduli dengan apapun yang dibawa sehingga ini merupakan titik krisis tercemar," ungkapnya.

Sehingga LPPOM MUI terus mengimbau agar pedagang bakso yang belum bersertifikat halal agar mengajukan sertifikasi halal untuk menghilangkan keraguan masyarakat dalam mengkonsumsi bakso.

Penulis: khamelia
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help