Jelang Ramadan, Warga Penagan Peringati Ruwah Kubur

Bupati Bangka Tarmizi Saat menghadiri peringatan Ruwah Kubur (Nisfu Sya'ban), Kamis (11/5) di Desa Penangan

Jelang Ramadan, Warga Penagan Peringati Ruwah Kubur
IST
Bupati Bangka Tarmizi Saat menghadiri peringatan Ruwah Kubur (Nisfu Sya'ban), Kamis (11/5) di Desa Penangan, Kecamatan Mendo Barat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Tarmizi Saat menghadiri peringatan Ruwah Kubur (Nisfu Sya'ban), Kamis (11/5) di Desa Penangan, Kecamatan Mendo Barat.

Tradisi Ruah Kubur merupakan tradisi masyarakat setempat menjelang masuknya bulan suci Ramadan guna mendoakan para leluhur, orangtua dan keluarga yang telah meninggal dunia.

Peringatan diisi dengan penyampai doa yang dipmpin tokoh agama, serta diikuti jemaah yang hadir.
Kesempatan itu Bupati Bangka Tarmizin Saat mengatakan, melalui ruwah ini selain untuk mendoakan mereka yang telah meninggal dunia dan juga untuk keselamatan seluruh masyarakat, disamping untuk meningkatkan silaturahmi.

Demikian pula Pemkab Bangka terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu Bupati juga mengharapkan masyarakat dapat memberikan masukan, kritik dan saran kepada Pemkab Bangka guna meningkatkan pelayanan.

Ia juga memaparkan sejumlah program unggulan Pemkab Bangka tahun 2017, diantaranya JKSS ( Berobat Gratis), Bangka Cerdas ( biaya pendidikan bagi anak dari keluarga pra sejahtera secara gratis ), Bunaktuslah ( perburuan anak putus sekolah), Bumil resti ( Perburuan ibu hamil beresiko tinggi). Bura Tuhiri ( Perburuan orang tua hidup sendiri), Semari ( sedekah Rp 500./ hari), KSR dan KKSR.
Selain itu pemberian beasiswa bagi lulusan SMA sederajat untuk disekolahkan di STTP Yogyakarta, Magelang dan Medan sebanyak 40 orang.

Rangkaian peringatan Ruah Kubur juga disampaikan ceramah oleh Ustad Hendri tentang "Sepasang Bidadari" yang diibaratkan pada diri seseorang, yakni sayap kanan orang tua dan sayap kiri istri yang harus dijaga dan dipelihara dengan baik.

Seluruh ritual Ruah Kubur diakhiri dengan digelarnya adat Nganggung Sepintu Sedulang yang diikuti seluruh jemaah yang hadir, termasuk Bupati Bangka, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala OPD dan masyarakat menikmati berbagai penganan yang dibawa masyarakat setempat di dalam dulang.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved