Pendidikan Bisa Merubah Bangsa dari Kemiskinan dan Kebodohan

Profesor Bustami Rahman menjadi pembicara dalam seminar pendidikan bertema mencermati kehidupan sosial budaya

Pendidikan Bisa Merubah Bangsa dari Kemiskinan dan Kebodohan
bangkapos.com/Nurhayati
Profesor Bustami Rahman mendapat cenderamata dari SMA Setia Budi Sungailiat yang diserahkan Kepala SMA Setia Budi Sungailiat Ujang Risman, saat seminar pendidikan Selasa (16/5/2017) di Hotel Citra Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mantan Rektor Universitas Bangka Belitung Profesor Bustami Rahman menjadi pembicara dalam seminar pendidikan bertema mencermati kehidupan sosial budaya pada peradaban sekolah, yang diselenggarakan oleh SMA Setia Budi Sungailiat, Selasa (16/5/2017) di Hotel Citra Sungailiat.

Pada seminar tersebut Bustami memaparkan mengenai mengapa identitas diri bangsa Indonesia berbeda dengan negara lain, adakah yang keliru dalam perwujudan diri dan bagaimana sebenarnya proses peradaban bangsa terbentuk dikaitkan dengan para aktor yang terlibat di dalamnya.

"Pertanyaan penting ini sering muncul di ruang kelas, ruang seminar dan ruang publik lainnya yakni mengapa Bangsa Indonesia dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya berbeda dengan bangsa lain di sekitarnya. Mengapa Bangsa Indonesia tidak seperti bangsa barat atau katakanlah yang lebih dekat kawasannya seperti Singapura dan Malaysia, pertumbuhan dan perkembangan peradaban sosial mereka jauh lebih baik, lebih tertib, lebih disiplin dengan penegakan hukum yang lebih berkualitas," ungkap Bustami.

Sebaliknya di dalam tubuh Bangsa Indonesia pertumbuhan dan perkembangannya tidak beranjak dari fenomena sosial, disorder, maladjusment dan sosial distortion.

Untuk itu menurut Bustami pertanyaan tersebut dijawab dalam uraian analisis dimana dipengaruhi beberapa faktor yakni proses perwujudan diri bangsa, peradaban yang terputus-putus, kasus bangsa sekitar, pertumbuhan peradaban yang inovatif, hingga perlunya proses evaluasi ditegakkan.

Namun ditegaskannya bahwa kajian ini bukan untuk menyalahkan Bangsa Indonesia dan budayanya.

"Analisis ini pertama akan meninjau masa lalu dikala Bangsa Indonesia sedang dan akan melakukan upaya memerdekakan diri dari kungkungan penjajah bangsa lain. Analis sosiologi sejarah dan pengetahuan pada bagian ini berguna untuk mengungkapkan jawaban atas pertanyaan di atas itu tadi," jelas Bustami.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Padli mengatakan, membicarakan masalah pendidikan tidak habisnya. Menurutnya pendidikan sangat penting sebagai modal dasar bangsa àIndonesia untuk maju.

"Dari segi sosial budaya kita belum berhasil saya masih melihat anak-anak kita masih nongkrong di jalan, mabuk-mabukan, kebut-kebutan dan terjerat narkoba. Karakter anak perlu dibentuk orang tua, tanamkan disiplin, jangan anak nongkrong dijalanan dibiarkan," tegas Padli.

Diakuinya pengaruh lingkungan juga sangat berperan besar bagi pembentukan karakter anak sehingga peran orang tua, guru dan semua elemen masyarakat perlu ditingkatkan agar anak tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

Dikatakan, Jusman Ngui Pembina Yayasan Pendidikan Nasional Setia Budi melalui pendidikanlah Indonesia bisa merubah bangsa dari kemiskinan dan kebodohan.

Menurut Kepala SMA Setia Budi Sungailiat Ujang Risman seminar pendidikan diadakan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei.

"Kami mengadakan seminar pendidikan ini untuk membantu pemerintah meningkatkan mutu pendidikan serta upaya peduli terhadap terhadap kebudayaan yang ada dalam peradapan di sekolah masing-masing, sehingga diharapkan pendidikan tidak hanya terfokus pada pengetahuan tapi juga dapat menjadi bangsa yang berbudaya dalam memajukan mutu pendidikan," jelas Ujang.

Disebutkannya, tujuan seminar ini selain meningkatkan mutu pendidikan khususnya sosial budaya juga meningkatkan kemampuan peserta dalam proses pembelajaran dan kualitas guru.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help