Besok DPRD Bateng Usulkan Pemberhentian Erzaldi

Paripurna ini digelar sebagai tindak lanjut dilantiknya Erzaldi Rosman sebagai gubernur.

Besok DPRD Bateng Usulkan Pemberhentian Erzaldi
bangkapos.com/dok
Ketua DPRD Bateng, Algafry Rahman

Laporan Wartawan Bangka Pos, Evan S

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- DPRD Bangka Tengah (Bateng) merencanakan menggelar paripurna pada Jumat (19/5) besok. Paripurna ini digelar sebagai tindak lanjut dilantiknya Erzaldi Rosman sebagai gubernur.

Ketua DPRD Bateng, Algafry Rahman mengatakan paripurna yang akan digelar Jumat ini akan dilakukan dengan tiga agenda.

Agenda pertama ialah pemberhentian dengan hormat Erzaldi sebagai Bupati Bateng, lalu pengusulan pemberhentian Ibnu Saleh sebagai Wakil Bupati Bateng dan pengusulan pengangkatan Ibnu Soleh sebagai Bupati Bateng.

"Kami dari usul itu akan menyampaikan ke mendagri melalui gubernur hari itu juga, setelah paripurna akan langsung kita sampaikan," ujar Algafry, Rabu (17/5).

Untuk pelantikan Bupatii Bateng nantinya, Algafry menyebutkan hal tersebut dilakukan di Pemprov Babel. Pihaknya hanya menjalankan tugas dengan menggelar paripurna pengulan pemberhentian bupati dan wakil bupati, serta pengangkatan wakil bupati menjadi bupati.

"Di Gubernur pelantikan Ibnu, habis paipruna itu kita hanya menyerahkan itu kepada gubenrur, supaya wakil bupati diangkat sebagai bupati," paparnya.

Plt Bupati Bateng, Ibnu Soleh membenarkan ada paripurna Jumat besok. Menurutnya paripurna tersebut merupakan suatu proses untuk pergantian kepala daerah baru.

"Ia paripurna Jumat ini, pemberhentian dan pengusulan definitif, Jumat ini langsung proses pengusulan definitif, sekarang Plt," ujarnya.

Mengenai jadwal pelantikan bupati definitif, Ibnu mengatakan hal itu tergantung rekomendasi menteri. Jika proses di kementerian cepat maka pelantikan bupati definitif segera dilakukan.

"Tergantung rekom mentari untuk pemberhentian, tentu melalui proses dulu," kata Ibnu.

Disinggung mengenai calon wakil bupati nantinya, Ibnu menyebutkan belum diketahui. Pasalnya, ada beberapa partai yang ikut mengusung saat pencalonan PPP, Partai Gerindra, Partai NasDem, Partai Demokrat, PKS dan Partai Hanura, namun menurutnya untuk wakil dari nasdem tidak memungkinan lagi.

Sebelumnya, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menyebutkan posisi wakil bupati kemungkinan akan diisi oleh kader gerindra berinisial A. Ibnu mengaku tak mengetahui hal itu, karena menurutnya hal tersebut belum dapat dipastikan.

"Belum tahu ya, A ini banyak, ada Amin, Apin, saja belum bisa ngomong itu," kata Ibnu.

Penulis: Evan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help