BangkaPos/

KI Babel Pantau Ujian Seleksi Calon Praja IPDN

etua Komisi Informasi (KI) Bangka Belitung (Babel), Rikky Fermana SIP turut memantau langsung kegiatan pelaksanaan ujian TKD

KI Babel Pantau Ujian Seleksi Calon Praja IPDN
bangkapos.com/dok
Ketua Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Babel, Rikky Fermana SIP

Laporan wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Sebanyak 335 orang lulusan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengikuti test seleksi calon taruna praja yang diselenggarakan oleh Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Pantauan bangkapos.com, Rabu (17/5/2017) pagi sekitar pukul 08.00 wib tampak ratusan peserta ini yang mengikuti ujian seleksi tahap ke-1 yakni test kemampuan dasar (TKD), bertempat di Lantai 4 gedung B perkantoran Gubernur Bangka Belitung (Babel), Air Itam, Kota Pangkalpinang.

Pagi itu pun tampak Ketua Komisi Informasi (KI) Bangka Belitung (Babel), Rikky Fermana SIP turut memantau langsung kegiatan pelaksanaan ujian TKD dan juga bersama dengan wakil gubernur Babel, Abdul Fatah.

Rikky mengatakan jika dalam pelaksanaan ujian seleksi calon praja IPDN kali ini diyakininya benar-benar sangat transparansi dan terbuka langsung untuk diawasi oleh publik atau masyarakat.

"Berdasarkan pantauan kami di seleksi tahap pertama yakni ujian TKD sangat tidak mungkin ada kecurangan atau untuk merekayasa hasil yang dihasil dari sistem, dan orang tua, peserta atau masyarakat bisa secara langsung hari ini juga hasil testnya yang sudah disiapkan oleh panitia pelaksana " Kata Rikky, Rabu (17/5/2017) pagi ditemui di lokasi.

Dijelaskanya dalam pelaksanaan ujian TKD seleksi praja IPDN ini benar-benar ketat dan nantinya hanya menyisakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan terbaik, sebab dari 335 peserta yang mengikuti seleksi ini hanya 27 orang peserta saja ditampung oleh IPDN.

Sementara pada tahun 2017 ini quata untuk provinsi Babel hanya mendapatkan jatah sebanyak 27 orang praja lulusan IPDN.

"Seleksi praja IPDN ini benar-benar ketat, hanya pelajar yang berkualitas, pintar dan tekun belajar yang diterima menjadi praja IPDN, selain garis tangan atau bernasib baik, dan dari seleksi TKD informasi yang kami terima hanya 80 orang peserta yang diambil untuk mengikuti ujian tahan selanjutnya " Ujar Rikky.

Dan ia pun sempat menyampaikan apresiasi kepada wakil gubernur Babel, Abdul Fatah atas keberanian wagub Babel meminta pertimbangan atau kebijakan kepada panitia seleksi IPDN agar peserta yang terlambat khususnya dari pulau Belitung di sesi 1 atau sesi 2, dikarenakan force mojeur seperti delay penerbangan dari Belitung ke Pangkalpinang sehingga harus transit ke Jakarta terlebih, diprioritaskan agar tetap dapat mengikuti ujiannya di sesi ke-5 atau terakhir.

Pada pelaksanaan ujian tahap ke 1 TKD ini dari 335 peserta dibagi menjadi 5 sesi.

"Saya salut kepada wagub kita yang masih memikirkan hal tersebut sehingga tidak mengugurkan harapan dan kesempatan bagi anak-anak atau adik-adik kita di pulau Belitung," harapnya.

Penulis: ryan augusta
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help