BangkaPos/

Ayunan Langit di Kulon Progo Ini Bikin Jantung Mau Copot

Ayunan itu bisa membuat jantung pengunjung berdegup kencang karena berayun di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ayunan Langit di Kulon Progo Ini Bikin Jantung Mau Copot
ISTIMEWA/DOKUMENTASI CAMAT GIRIMULYO PURWONO
Objek wisata Ayunan Langit Watu Jaran di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. 

BNAGKAPOS.COM, YOGYAKARTA - Kulon Progo memiliki destinasi wisata baru tepatnya di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyono, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Destinasi wisata itu juga baru diresmikan pada Selasa (16/5/2017).

Destinasi wisata itu memiliki nama Ayunan Langit Watu Jaran. Namun, bukan ayunan biasa yang kerap ditemui di taman kota.

Ayunan itu bisa membuat jantung pengunjung berdegup kencang karena berayun di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Ayunan itu berayun di atas jurang. Jadi di pinggir tebing setinggi 800 meter ada tiang pancang setinggi 10 meter tersambung dengan ayunan. Posisi ayunannya itu di atas jurang," ujar Camat Girimulyo, Purwono melalui sambungan telepon, Rabu (17/5/2017).

Meski berayun di atas jurang, Purwono mengatakan, keamanan ayunan itu terjamin.

Pengelola obyek wisata Ayunan Langit Watu Jaran telah mendapatkan pembinaan dari SAR Yogyakarta.

"Untuk keamanan sudah ada bimbingan teknis dari SAR Yogyakarta. Jadi di ayunan itu ada operatornya yang berpengalaman. Di ayunan itu juga ada tali untuk mengamankan wisatawan," ujar Purwono.

Dikatakan Purwono, bagi yang tidak memiliki nyali memang tidak disarankan untuk menaiki ayunan ekstrim itu.

Baca: Kopi Langka Disajikan dengan Istimewa Begini Caranya

Namun, kata dia, pengunjung yang datang tak perlu kecewa jika datang ke obyek wisata yang dikelola masyarakat Desa Purwosari itu.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help