BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Jumlah Nelayan di Dusun Gedong Tinggal Sedikit, Ini Penyebabnya

Warga di Dusun Gedong Desa Lumut Kecamatan Belinyu, dulu mayoritas berprofesi sebagai nelayan Sungai Perimping-Teluk Kelabat.

Jumlah Nelayan di Dusun Gedong Tinggal Sedikit, Ini Penyebabnya
bangkapos.com/Riyadi
Diki, Kades Lumut

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Warga di Dusun Gedong Desa Lumut Kecamatan Belinyu, dulu mayoritas berprofesi sebagai nelayan Sungai Perimping-Teluk Kelabat.

Tapi kini jumlah nelayan di Gedong hanya tinggal beberapa orang saja, paling dua atau tiga orang.

"Penyebabnya, karena mereka banyak yang pensiun, tidak jadi nelayan lagi, kalau toh turun ke sungai, itupun hanya sekedar saja, jadi lah sekali sekali turun," ungkap Kades Lumut Diki kepada bangkapos.com, Kamis (18/5/2017).

Mereka pensiun dari nelayan, karena biaya keperluan hidupnya, sudah ditanggung oleh anak-anaknya yang sukses di dalam dan luar negeri, karena ekonominya sudah mapan, maka anak-anaknya yang menanggung biaya hidup orang tuanya.

Membantu orang tua sudah menjadi kewajiban, meskipun anaknya merantau di luar daerah, tapi tetap ingat, memperhatikan dan membantu orang tuanya.

"Meskipun biaya hidupnya di cukupi oleh anak-anaknya, tapi orang tua 'pensiunan' nelayan ini masih banyak yang berkarya, umumnya berkebun sahang dan sawit, tapi yang utama adalah sahang, kalau ke sungai sudah jarang sekali, turun hanya kadang-kadang, itulah kehidupan di Dusun Gedong, meskipun anak-anak mereka jauh, tapi tetap memberikan perhatian penuh ke orang tuanya," ujar Diki.

Dikatakan Diki, anak-anak di Dusun Gedong yang mengikuti jejak orang tuanya sebagai nelayan, prosentasenya sangat kecil sekali, bahkan tidak ada yang menjadi nelayan, mewarisi profesi orangtuanya.

"Karena banyak yang 'pensiun' dari nelayan, maka nelayan di Gedong sekarang tinggal beberapa orang saja, di Dusun Tanjung Batu juga begitu," kata Diki.

Penulis: riyadi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help