BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Kelurahan di Belinyu Dimekarkan, Arahnya ke Pemekaran Kecamatan

Di Kecamatan Belinyu saat ini sudah memiliki tujuh kelurahan dan lima desa.

Kelurahan di Belinyu Dimekarkan, Arahnya ke Pemekaran Kecamatan
bangkapos.com/edwardi
Ketua FMBU Heru Kailani menyerahkan Naskah Akademik Pembentukan Kabupaten Bangka Utara kepada perwakilan anggota DPRD Bangka Dapil Belinyu dan Riausilip, Kamis (26/9). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA  -- Di Kecamatan Belinyu saat ini sudah memiliki tujuh kelurahan dan lima desa.

Semula kecamatan ini hanya memiliki tiga kelurahan (Kuto Panji, Air Jukung dan Bukit Ketok), dari tiga kelurahan ini sudah dimekarkan sejak awal 2017 lalu, sehingga ada empat kelurahan baru yakni Remodong Indah, Mantung, Air Asam dan Belinyu.

Lima desa di Kecamatan Belinyu yakni Gunung Muda, Gunung Pelawan, Bintet, Riding Panjang dan Lumut.

Camat Belinyu Asli mengatakan soal arah dari pemekaran kelurahan itu, ketika ditanya apakah pemekaran kelurahan di Belinyu mengarah ke pemekaran kecamatan.

"Arahnya memang kesana (pemekaran kecamatan), tapi kan belum bisa terpenuhi syaratnya, karena di Belinyu baru lima desa dan tujuh kelurahan, sesuai aturan di PP, harus ada 20 kelurahan atau desa dulu, untuk syarat usulan pemekaran kecamatan, paling tidak kalau ada usulan pemekaran kecamatan, maka harus ada sepuluh desa/kelurahan untuk di kecamatan pemekaran dan sepuluh desa/kelurahan untuk kecamatan induk," ujar Asli kepada bangkapos.com, Kamis (18/5/2017).

Penulis: riyadi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help