BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Masyarakat Tanah Datar Sebagian Besar Andalkan Hasil Pertanian

TP PKK Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi mengunjungi Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat

Masyarakat Tanah Datar Sebagian Besar Andalkan Hasil Pertanian
IST
Ketua PKK Bangka dan Ketua PKK Kab Tanah Datar 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Rombongan Tim Penggerak PKK Desa se Kabupaten Bangka yang dipimpin Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi mengunjungi Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat disambut di Gedung Indo Jolito Batusangkar oleh Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, Rabu (17/05).

Rombongan yang sebelumnya mengunjungi objek wisata Istano Basa Pagaruyung ini juga melihat langsung aneka kerajinan Tanah Datar yang ditampilkan di Gedung Indo Jolito Batusangkar tersebut seperti sulaman kapalo samek, bordiran, dulamak, mukenah, rajutan dan kerajinan lainnya serta aneka kuliner khas Tanah Datar dan ada juga yang langsun belajar menjahit dan menyulam.

Kepala Dinas PMDPPKB Adrion Nurdal, SE dalam sambutannya menjelaskan sekilas tentang Kabupaten Tanah Datar dan kerajinan yang ada dan saat ini terus dalam pembinaan pemerintah daerah seperti IKM dan UKM.

"Kondisi ekonomi masyarakat yang sebagian besar bergerak di bidang pertanian dan Tanah Datar tidak punya potensi tambang maupun industri. Jadi pemerintah daerah sedang menggalakkan berbagai program dibidang pertanian untuk meningkatkan swasembada pangan disamping pengelolaan objek-objek wisata yang saat ini sedang giat-giatnya dibenahi," jelasnya.

Sementara itu Hj Mina Tarmizi, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka menyampaikan ucapan terima kasih telah disambut dengan baik di Gedung Indo Jolito.

Mengenai kerajinan di Bangka ia jelaskan sebagian ada yang namanya sama seperti rajutan namun pengerjaannya saja yang berbeda.

"Di bidang pertambangan Kabupaten Bangka memang memiliki pertambangan namun saat ini karena bahan tersebut dari sumber daya alam tentu ada masanya akan berkurang dan sebagian sudah mulai beralih ke bidang pertanian," kata Mina melalui rilis Pemkab Bangka.

Untuk kuliner di Bangka ada lanjut Mina ada nganggung Sepintu Sedulang kalau di Tanah Datar hampir sama dengan makan Bajamba, namun ini biasanya dilaksanakan pada hari hari besar seperti lebaran dan hari besar lainnya namun pada umumnya kegiatan ini dilaksanakan di masjid dan tempat lainnya.

Pada kesempatan yang sama Emi Irdinansyah menyampaikan ucapan selamat datang di Tanah Datar semoga rombongan merasa senang dan dapat menikmati wisata dan aneka kuliner khas. Untuk kegiatan PKK di Tanah Datar Emi Irdinansyah menjelaskan kegiatan-kegiatan sesuai dengan 10 (sepuluh) program Pokok PKK diantaranya kegiatan rakerda, pembinaan nagari, dasawisma, sekolah sehat, serta lomba-lomba titingkat provinsi.

"Agenda besar yang baru saja dilaksanakan yaitu Jambore PKK se Kabupaten Tanah Datar yang diikuti oleh 480 kader yang terdiri dari 60 kader dari Kabupaten dan 420 kader kecamatan dan nagari dengan berbagai kegiatan dan lomba seperti tekhnical meeting, simulasi penanggulangan bencana, sholat shubuh berjamaah dan kultum, senam pagi, magrib mengaji, seminar pembinaan karakter, dan kegiatan lomba program serta outbond," katanya.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help