BangkaPos/

Begini Kata KUPP Kelas I Manggar Soal KIP Kamilah di Perairan Mudong

Memang hingga saat ini belum beroperasi. Namun demikian bilamana mereka meminta ijin utk bergerak maka kami wajib memenuhi permintaan tersebut

Begini Kata KUPP Kelas I Manggar Soal KIP Kamilah di Perairan Mudong
KIP Kamilah 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Manggar Syachrul Nugroho menyatakan, soal KIP Kamilah seluruh perizinan yang berkaitan dengan operasi produksi pertambangan di wilayah perairan Bellitung Timur sudah memenuhi persyaratan.

Namun, dia juga menyatakan bahwa kapal tersebut hingga saat ini belum beroperasi.

"Memang hingga saat ini belum beroperasi. Namun demikian bilamana mereka meminta ijin utk bergerak maka kami wajib memenuhi permintaan tersebut, karena tidak ada alasan hukum untuk menolaknya (terkait izin bergerak)," ujar Syachrul kepada Pos Belitung saat dikonfirmasi ihwal perizinan kapal tersebut karena dicurigai warga nelayan beroperasi pada malam hari.

Menurut dia, KUPP Kelas I Manggar tidak bisa menolak permohonan izin KIP Kamilah

"Bila kami menolak permohonan mereka maka kami bisa digugat oleh pihak pemilik kapal baik secara perdata maupun tata usaha negara karena mereka telah memenuhi seluruh persyaratan hukum untuk beroperasi," ujarnya

Pihak KIP Kamilah, Imam, belum menjawab konfirmasi terkait kecurigaan para warga nelayan.

Sekadar diketahui, KIP Kamilah adalah kapal yang sebelumnya didatangkan oleh PT Kampit Tin Utama di perairan Pering, Kecamatan Kelapa Kampit.

Keberadaan kapal tersebut kemudian ditolak masyarakat dan akhirnya bergeser di perairan Mudong, yang merupakan wilayah pertambangan PT Timah. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help