BangkaPos/

Ini Syarat dan Tata Cara Mendapatkan Sertifikat Halal

Bagi pemilik usaha yang ingin mendapatkan sertifikat halal bagi produknya, berikut ini syarat dan tata caranya.

Ini Syarat dan Tata Cara Mendapatkan Sertifikat Halal
bangkapos.com/Novita
Penyerahan sertifikat halal dari LPPOM MUI Babel kepada Pandan House Restaurant, Jumat (19/5/2017). 

Laporan wartawan Pos Belitung, Novita

BANGKAPOS.COM, BELITUNG  - Bagi pemilik usaha yang ingin mendapatkan sertifikat halal bagi produknya, berikut ini syarat dan tata caranya.

Direktur LPPOM MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nardi Pratomo mengemukakan yang harus dimiliki adalah legalitas usaha, izin usaha mikro kecil (IUMK) dan PIRT.

"Untuk yang di Belitung, silakan sampaikan ke MUI Kabupaten Belitung. MUI Kabupaten Belitung akan merekomendasikan ke LPPOM MUI Provinsi Babel," kata Nardi saat ditemui usai penyerahan sertifikat halal kepada Pandan House Restaurant, Jumat (19/5/2017).

Selanjutnya LPPOM MUI akan menurunkan auditor lokal atau dari Pangkalpinang. Usaha yang bersangkutan akan diaudit selama paling lama dua bulan. Jika tidak ada yang aneh-aneh, akan terbit sertifikat halal.

Setiap enam bulan sekali LPPOM MUI melalui auditornya akan mengontrol usaha tersebut guna melihat apakah ada perubahan. Misalnya jika sebelumnya tidak ada minuman keras namun beberapa bulan kemudian ada, maka akan mendapat peringatan pertama, kedua dan ketiga. Terakhir, sertifikat halal akan dicabut dan diumumkan di koran. (*)

Penulis: Novita
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help