BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Iyan Sekali Mijah Indukan Lele Bisa Dapat 97.000 Benih

Budidaya pembibitan ikan air tawar sangat menjanjikan untuk menjadi peluang bisnis,

Iyan Sekali Mijah Indukan Lele Bisa Dapat 97.000 Benih
bangkapos.com/Nurhayati
Iyan saat beraktivitas melakukan budidaya benih ikan di kolam ikan miliknya , Jumat (19/5/2017) di Jalan Bukit Semut Gang Rempuding Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Budidaya pembibitan ikan air tawar sangat menjanjikan untuk menjadi peluang bisnis, karena sekarang sudah banyak para peternak ikan air tawar.

Apalagi konsumsi ikan air tawar saat ini mulai digemari oleh masyarakat di Kabupaten Bangka.

Selain itu juga banyak rumah makan yang menyajikan menu ikan air tawar terutama lele.
Untuk itu Iyan, warga Sungailiat menangkap peluang usaha pembenihan ikan air tawar ini.

la mulai melakukan usaha pembibitan ikan ini pada Januari 2011 di Kelurahan Matras hingga kini di Gang Rempuding Jalan Bukit Semut Sungailiat. Berbagai benih ikan yang dibudidayanya seperti lele, patin, nila, gurami, bawal, ikan mas hingga koi.

Menurut Iyan ia melakukan pemijahan khusus untuk lele 52 hari lalu dengan bobot induk 1,6 kilogram bisa menghasilkan 97.000 lebih benih lele yang siap jual. Saat ini masih tersisa 4.000 ekor dengan ukuran benih ikan antara tujuh hingga 10 centimeter.

"Alhamdulillah hasilnya di atas rata-rata," ungkap Iyan saat ditemui bangkapos.com, Jumat (19/5/2017) di kolam budidaya benih ikannya di Gang Rempuding Sungailiat.

Saat ini ia masih melakukan pemijahan lele karena keterbatasan kolam. Sedangkan untuk benih ikan gurami sudah habis terjual dan akan melakukan pemijahan kembali. Rencananya ia akan melakukan pemijahan ikan patin dan sudah menyiapkan tempatnya.

"Insyaallah setelah Hari Raya Idul Fitri ini. Mudah-mudahan semuanya bisa terlaksana," harap Iyan.

Diakuinya memang ada sedikit kendala dimana benih ikan yang siap jual dengan ukuran tiga hingga empat centimeter terkena hama penyakit. Ini terjadi biasanya akibat faktor cuaca.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help