BangkaPos/

Breaking News

Rohalba Bagikan Kopian Surat Menteri Susi soal Tambang Laut

Dalam pertemuan itu, anggota DPRD Beltim Rohalba mengeluarkan dan membagikan kopian seberkas surat dari Menteri Kelautan dan Perikanan

Rohalba Bagikan Kopian Surat Menteri Susi soal Tambang Laut
bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Fortal Beltim saat bertemu Anggota DPRD Beltim Rohalba dan Koko Haryanto, Jumat (19/5/2017). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Sejumlah warga Belitung Timur (Beltim) dari Forum Rakyat Tolak Tambang Laut (Fortal) Beltim dan perwakilan organisasi lainnya mendatangi Gedung DPRD Belitung Timur, Jumat (19/5/2017).

Mereka bertemu dengan politisi PBB Koko Haryanto dan politisi PKS Rohalba di masing-masing ruang fraksi partai tersebut.

Dalam pertemuan itu, anggota DPRD Beltim Rohalba mengeluarkan dan membagikan kopian seberkas surat dari Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) per 22 Desember 2014 bernomor B716/MEN-KP/XII/2014 yang ditandatangani Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Surat itu diteken Susi menyikapi kegiatan maraknya penambangan pasir timah di wilayah laut Babel dan ditengarai mengancam kerusakan ekosistem pesisir laut dan pulau-pulau kecil yang dapat berdampak pada penurunan produktivitasperikanan serta pendapatan masyarakat nelayan di wilayah Kepulau Babel.

Surat itu menyebutkan, berdasarkan UU No 27 tahun 27 tahun 2007 Jo. UU nomor 1 tahun 2017, maka pemanfaatan ruang dan sebagian perairan pesisir dan pulau kecil wajib memiliki izin lokasi.

Lalu poin lainnya adalah aktivitas penambangan pasir timah di laut diminta untuk dihentikan sampai selesainya penetapan Peraturan Daerah tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.

"Sampai hari ini belum pernah ada yang namanya perda zonasi itu," ujar Rohalba.

Rohalba, mengatakan rapat dengar pendapat diperlukan untuk menyikapi isu tambang laut di Beltim.

Keterangan dari berbagai pihak diperlukan guna transparansi sehingga tidak terkesan diam-diam. (*)

Baca berita lengkapnya di Harian Pagi Bangka Pos dan Babel News.

FOLLOW Twitter @bangkapos dan LIKE Halaman Facebook: bangkapos

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help