BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Temuan BPK Tunggakan Sewa Petak Pasar Pedagang di Sungailiat Rp 480 Juta

realisasi hasil sewa dan kios di pasar tersebut pada tahun 2016 hanya sebesar Rp 700 juta lebih.

Temuan BPK Tunggakan Sewa Petak Pasar Pedagang di Sungailiat Rp 480 Juta
Bangkapos/Nurhayati
Kepala Unit Pelaksana Teknis Pasar Sungailiat, Suherman 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Berdasarkan hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terungkap adanya temuan terkait dengan utang sewa lapak dan kios pasar di Sungailiat pada tahun 2015 dan 2016 sebesar Rp 480 juta.

Berdasarkan hasil pendataan BPK potensi pendapan dari hasil sewa lapak dan kios di tiga pasar yakni Pasar Kite dan Pasar Inpres sebesar Rp 1,1 milyar per tahun.

Sedangkan untuk realisasi hasil sewa dan kios di pasar tersebut pada tahun 2016 hanya sebesar Rp 700 juta lebih.

Adanya temuan BPK ini diakui Kepala Unit Pelaksana Teknis Pasar Sungailiat, Suherman dimana utang tersebut merupakan tagihan sewa lapak dan kios yang ditunggak oleh para pedagang selama dua tahun.

"Untuk pasar ini kita memang ada temuan BPK ada sekitar Rp 480 juta bahwa sewa petak pasar. Setelah kita cek ada bermacam-macam permasalahan. Dulu para pedagang ini berebut ngambil sekarang tidak laku tidak ditempati ada dua tahun juga mereka tidak menempati. Itu jadi potensi pemasukan daerah," ungkap Suherman kepada bangkapos.com, Jumat (19/5/2017) di UPT Pasar Sungailiat.

Namun lanjutnya temuan BPK tersebut setelah pihaknya dari UPT Pasar melaksanakan pendataan maka perlu diklarifikasi jangan sampai jadi terutang para pedagang kepada Pemkab Bangka.

"Kalau mereka dak jualan, kontrak tidak ada maka tidak bisa ditagih," kata Suherman.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help