BangkaPos/

Fenomena Unik Sungai Rangkui, Air Surut Sehari Udang dan Ikan Bermunculan

banyak faktor hingga bisa bermunculan udang satang, ikan nila dan gurami hingga jenis ikan lainnya di aliran Sungai Rangkui

Fenomena Unik Sungai Rangkui, Air Surut Sehari Udang dan Ikan Bermunculan
Bangkapos.com/Ajie Gustiā€Ž
Sejumlah warga berbondong-bondong turun ke aliran sungai Rangkui Pangkalpinang untuk menjala dan menangguk udang satang hingga ikan yang bermunculan ketika air surut, Sabtu (20/5/2017) Siang. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ajie Gusti Prabowo

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Beberapa warga yang sudah lama bermukim di kawasan sepanjang aliran Sungai Rangkui Pangkalpinang mengakui biasanya fenomena air surut di aliran sungai ini hanya berlangsung satu hari, Sabtu (20/5/2017) siang.

Hal ini diakui Mang Gani (58) yang merupakan warga asli Jalan Masjid Jamik Pangkalpinang saat melihat ratusan warga turun ke sungai untuk mencari udang satang serta ikan air tawar.

"Memang ikan dan udang disini sejak tahun 1970-an sudah ada, namun tidak sebanyak saat air surut seperti ini," katanya di tepi aliran sungai dekat Pasar Ikan Pangkalpinang.

Baca: Warga Berebutan Tangkap Udang Lobster Mabok di Sungai Rangkui

Dirinya yang telah berjualan makanan lempah kuning di kawasan Jalan Jagal Pangkalpinang sejak 10 tahun terakhir mengatakan, tahun lalu hal serupa juga terjadi di aliran sungai ini.

"Kami menyebutnya udang mabuk, karena memang air surut yang berubah keruh, serta panas terik matahari membuat suhu dalam air berubah," jelasnya.

Ia mengakui kedalam air saat surut hanya sebatas dengkul orang dewasa sehingga membuat warga berbondong-bondong menangguk dan menjala udang sejak semalam.

"Tahun lalu sampai tiga hingga lima Kilogram warga dapat ikan dan udang, sekarang sedikit berkurang kayaknya," tambahnya.

Baca: Fenomena Misterius Masalembo Tak Kalah Angker dari Segitiga Bermuda

Halaman
12
Penulis: Ajie Gusti Prabowo
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help