BangkaPos/

Rossi Gagal di Tikungan Akhir MotoGP Le Mans, Ini Penyebabnya

Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha hanya tinggal setengah putaran lagi untuk meraih podium di balapan MotoGP Le Mans

Rossi Gagal di Tikungan Akhir MotoGP Le Mans, Ini Penyebabnya
Motorsport.Com - Valentino Rossi dan Maverick Vinales GP Peracis 

BANGKAPOS.COM - Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha hanya tinggal setengah putaran lagi untuk meraih podium di balapan MotoGP Le Mans, Minggu (21/5/2017).

Sayangnya ia malah pulang tanpa raihan poin untuk klasmen setelah terjatuh di tikungan terakhir dan merelakan posisi pertama diambil rekan satu timnya, Maverick VInales.

"Sangat disayangkan untuk saya juga tim karena kami memiliki akhir pekan terbaik musim ini dimana saya merasa kompetitif saat latihan. Baik saat lintasan basah maupun kering di saat balapan. Saya yakin ini balapan terbaik saya," ucap Rossi menyitat dari Crash.net.

Rossi juga merasakan keseimbangan motornya justru semakin membaik di lap terakhir. Ban dengan kompon medium depan belakang yang ia pilih saat di tengah balapan sempat membuatnya kesulitan di tengah balapan.

Rossi, Vinales dan Johan Zarco dari tim Monster Yamaha Tech 3 berulang kali terlibat pertarungan sengit selama balapan. Saat balapan menyisakan enam lap ia berhasil mendahului Zarco ditempat kedua, lalu Vinales untuk berada di depan sisa tiga putaran.
Namun karena dalam tekanan, Rossi melebar di tikungan keenam.

"Saya melakukan kesalahan. Saya datang terlalu cepat di tikungan dan saya tidak melakukan pengereman. Vinales mendahului, tapi saya tahu masih punya kesempatan untuk menyusulnya kembali karena jarak kami sangat dekat. Saya yakin karena di sektor empat saya cukup baik," ucap Rossi.

"Lalu kejadian kecelakaan di tikungan terakhir, saya sendiri kebingungan kenapa terjadi karena saya berkonsentrasi dengan ban depan, tapi ternyata kehilangan grip di ban belakang. Saat terjatuh, artinya kamu melakukan kesalahan, mungkin ini kesalahannya," tambah Rossi.

Rossi dan tim kemudian meliha data kesalahan apa yang mungkin dia lakukan. Kemungkinan besar akibat langkah Rossi di tikungan enam yang membuatnya melambat dan melebar berakibat pada kejadian jatuhnya di tikungan terakhir.

"Saya bisa mencium bau kemenangan karena ini balapan sempurna. Saya sangat kuat dan yakin dapat meraih podium, sayangnya di saat krusial saya melakukan kesalahan," ucap Rossi.

Kejadian di seri Le Mans ini menjadi kegagalan finish pertama Rossi sejak seri MotoGP Jepang tahun lalu. Ia juga harus turun ke peringkat ketiga klasmen dengan selisih 23 poin dari Vinales di tempat pertama dan enam poin dari pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

"Sangat mengecewakan untuk tidak membawa pulang poin di balapan kali ini. Saya juga menyayangkan untuk kesempatan meraih podium yang terlepas juga di posisi klasemen keseluruhan," tutup Rossi.

Setyo Adi Nugroho

Editor: edwardi
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help