BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Agar Dana BOS Tak Diselewengkan, Disdikbud Bangka Lakukan Ini di Sekolah-sekolah

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka ingin pertanggungjawaban dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) lebih transparan

Agar Dana BOS Tak Diselewengkan, Disdikbud Bangka Lakukan Ini di Sekolah-sekolah
Dana BOS 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka ingin pertanggungjawaban dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) lebih transparan, efektif serta tepat sasaran.

Untuk itulah dilakukan pendidikan dan latihan (diklat) bagi pihak sekolah dalam penggunaan aplikasi online dalam laporan pertanggungjawaban dana BOS.

"Bentuk transparansi itu ditandai oleh pertanggungjawaban dana BOS mengguna aplikasi secara online yang diterapkan oleh kemendikbud,"  jelas Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Ervawi, Minggu (28/5/2017) kepada bangkapos.com.

Menurutnya, penyaluran dana BOS ada empat triwulan jadi setiap triwulan pihak sekolah mengadakan pelaporan secara online.

Jika pelaporan tersebut sudah sampai ke kemendikbud baru dana triwulan kedua bisa dikucurkan.

Dengan demikian dari pantauan Kemendikbud penggunaan dana BOS yang dilaksanakan pihak sekolah memang terbuka.

"Tim trainer dari kemendikbud melatih penggunaan aplikasi pada Jumat tanggal 26 Mei dari jam 08.00 WIB hingga selesai," kata Ervawi.

Dengan adanya tim trainer dari aplikasi pelaporan dana BOS diharapkan pembelanjaan dana BOS tidak menyimpang, tepat sasaran dan trasparan.

Selain itu sebagai bentuk transparansi pengeluaran dan pembiayaan dana BOS itu ditempel di pengumuman sekolah.

Ini adalah bentuk transparansi yang ditandai dengan adanya laporan online.

"Sebenarnya onlinenya itu sudah dimulai tahun 2013 tetapi setiap tahun ada perubahan juklak juknis panduan BOS seiring itu juga ada perubahan-perubahan penggunaan aplikasinya juga. Untuk tahun ini biar lebih cepat kita memberikan pelatihan kepada bendahara dan kepala sekolah," jelas Ervawi.

Penulis: nurhayati
Editor: Alza Munzi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help