Babel Termasuk Daerah dengan Inflasi Tertinggi di Indonesia

Berdasarkan peta inflasi di Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Aceh termasuk daerah dengan inflasi tertinggi.

Babel Termasuk Daerah dengan Inflasi Tertinggi di Indonesia
bangkapos.com/Nurhayati
Rapat koordinasi mengenai inflasi, Senin (29/5/2017) di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berdasarkan peta inflasi di Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Aceh termasuk daerah dengan inflasi tertinggi.

Terlihat warna merah pekat dengan angka di atas dua persen. Namun anehnya beberapa daerah kepulauan seperti Maluku tidak mengalami inflasi yang tinggi.

Hal ini disampaikan Sekda Bangka H Fery Insani saat rapat koordinator inflasi, Senin (29/5/2017) di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka.

"Rupanya dari 514 kabupaten/kota itu hanya 82 yang disampling oleh BPS karena menambah sampling Ibu Sri Mulyani (menteri keuangan-red) marah tidak cukup anggarannya," jelas Fery.

Dikatakannya, dari 82 sampel daerah yang disampling yang dilakukan oleh BPS untuk di Babel hanya di Pangkalpinang dan Tanjung Pandan. Pasalnya Pangkalpinang sebagai ibukota Babel dan Tanjung Pandan Ibukota Belitung. Dia menilai kurang pas karena di Pangkalpinang karakter ekonominya beda.

"Untuk itu kita bersama beberapa daerah di Jawa Barat seperti di Cianjur, Sukabumi minta pengajuan perhitungan sendiri sehingga keluar angka sampling tapi kelihatannya BPS pusat tidak bisa maka anggarannya cukup 82 daerah," ungkap Fery.

Namun ia berharap agar di Kabupaten Bangka juga bisa dilakukan perhitungan angka inflasi daerah karena di Babel untuk PDRB tertinggi, luas penduduk terbanyak, dan lainnya ada di daerah ini sehingga kabupaten terbesar di Babel.

"Kabupaten besar, PAD-nya besar, PDRB-nya besar sangat mendominasi. Jadi perekonomian di Bangka Belitung ini salah satunya dari Kabupaten Bangka ini. Di samping Bangka ini citralandnya di Pangkalpinang," jelas Fery.

Selain itu juga menurutnya pelabuhan terbesar ada di Kabupaten Bangka walaupun pusat perdagangan dan perbankan di Pangkalpinang tetapi pusat industrinya ada di Kabupaten Bangka.

"Dalam waktu dekat saya diminta untuk menjelaskan itu kepada pemerintah provinsi. Kita ikuti saja," kata Fery.

Untuk itu menurutnya perlu dicari apa faktor pemicu inflasi dan metode yang tepat untuk menghitung inflasi di Kabupaten Bangka. Pasalnya setiap lebaran pasti terjadi inflasi apalagi harga tiket penerbangan juga mahal ikut mempengaruhi inflasi.

"Kalau kita berhasil metode ini Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat dan Belitung Timur mau ikut tapi metodenya harus Bangka dulu. Kalau Bangka berhasil mereka ikut kalau tidak berhasil mereka tak mau ikut," ungkap Mantan Sekda Pangkalpinang ini.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help